DKI Genjot Infrastruktur Jelang Asian Games

Sekretaris Daerah DKI Jakarta meninjau persiapan infrastruktur jelang penyelenggaraan Asian Games pada pertengahan tahun ini.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 22 Februari 2018 15:47 WIB
Foto aerial proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Koridor Velodrome-Kelapa Gading di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (16/1). Pembangunan infrastruktur LRT di kawasan itu terus dikebut dan diharapkan bisa beroperasi pada Agustus 2018 untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018. ANTARA FOTO - Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sekretaris Daerah DKI Jakarta meninjau persiapan infrastruktur jelang penyelenggaraan Asian Games pada pertengahan tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan proyek light rail transit (LRT) akan terus berjalan tanpa mempermasalahkan tentang moratorium.

Adapun para pemangku kepentingan diminta untuk melakukan pemeriksaan, pengawasan, dan evaluasi yang ketat dalam pembangunan LRT yang khusus dipersiapkan untuk momen Asian Games 2018.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan lampu hijau untuk proyek LRT yang dipersiapkan untuk acara Asian Games.

Padahal Kementerian PUPR telah memberikan intruksi pembangunan jalan layang (elevated project) di seluruh Tanah Air untuk dihentikan sementara (moratorium).

"[LRT] jalan terus nggak ada masalah," kata Saefullah, Kamis (22/2/2018).

Adapun untuk menunjang kelancaran pembangunan ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI secara rutin meninjau beberapa tempat strategis yang akan banyak dipergunakan untuk kegiatan Asian Games nanti.

Adapun beberapa tempat yang sedang digenjot pembangunannya, yakni Depo LRT Kelapa Gading, Velodrome Rawamangun, dan Equestrian Pulomas.

Sedangkan, Wisma Atlet Kemayoran sedang melakukan beberapa perbaikan lagi untuk menunjang fasilitas yang dibutuhkan para atlet.

"Hari ini sengaja saya manfaatkan untuk monitoring yang menjadi tugas [Pemprov] DKI," ujarnya.

Menurut catatan Pemprov, Velodrome Rawamangun saat ini sedang dalam tahap pengecoran lantai. Dia mengklaim pembangunan velodrome tersebut sempat terkendala karena cuaca sehingga mengalami keterlambatan.

Selain itu, Depo LRT Kelapa Gading diprediksi sudah bisa beroperasi pada Agustus nanti, yakni ketika Asian Games berlangsung. Sedangkan, Wisma Atlet Kemayoran masih dalam tahap pembangunan beberapa fasilitas seperti taman, akses jalan utama, penerangan, pagar pembatas, jembatan, dan lain-lain.

Tempat tersebut akan ditata kembali agar keindahan dan kebersihannya terus terjaga.

Adapun Pemprov DKI mengklaim pembangunan Equestrian Pulomas telah mendekati 100%, saat ini hanya perlu sedikit pembenahan.

"Intinya pada saat bulan ke-6 [Juni] itu saya rasa persentasinya sudah harus mendekati 100% dan pada Agustus semuanya beres yah," imbuhnya.

Tag : pemprov dki, Asian Games 2018
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top