Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Tapak DP Nol Rupiah: Ground Breaking 28 Februari di Rorotan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan ground breaking rumah tapak dengan skema down payment Rp0 di Rorortan, Jakarta Utara.
Foto contoh unit rusun DP nol rupiah di Klapa Village/Istimewa
Foto contoh unit rusun DP nol rupiah di Klapa Village/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan ground breaking rumah tapak dengan skema down payment Rp0 di Rorortan, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjelaskan akan melakukan ground breaking rumah tapak dengan skema down payment (DP) Rp0 (nol rupiah) pada akhir bulan ini. Adapun lokasi pembangunan rumah tapak ini berada di Jalan Merdeka, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara (Jakut).

"Tanggal 28 Februari (tahun ini) rencananya ground breaking. Mudah-mudahan masih sesuai," kata Sandi, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, rumah tapak ini akan menempati lahan seluas 1,3 hektare, namun mengenai jumlah unitnya belum bisa dipastikan. "Ada perubahan sedikit supaya bisa ditambah unitnya. Nanti kita lihat jumlah terakhir unitnya berapa," ujarnya.

Seperti diketahui, rencana awal pembangunan rumah petak di Rorotan berjumlah sebanyak 100 unit. Adapun ukuran rumah tersebut diprediksi akan memakan tempat seluas 27 m2 dan ukuran yang lainnya, sedangkan tanah per rumah ini seluas 45 m2. Selain itu, rumah tapak ini akan memiliki komposisi berupa dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi.

Kendati demikian, skema DP nol rupiah ini belum memiliki kepastian hukum yang tetap karena pihak Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan belum memberikan lampu hijau. Dengan demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sedang menggenjot skema ini dengan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang diprediksi terbentuk pada April tahun ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Agustino Dharmawan, mengatakan rencana finalisasi skema (DP) nol rupiah masih sesuai lajur (on the track) sehingga diharapkan pada April tahun ini bisa segera selesai. Dia menambahkan BLUD yang nanti terbentuk yang akan mengatur siapa saja warga yang berhak mendapatkan hunian dengan skema DP nol rupiah.

"Skemanya mudah-mudahan April ini selesai," kata Darmawan pada beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler