Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandi Bakal Tebang Pohon di Sudirman-Thamrin

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bakal menebang pohon-pohon guna menyukseskan program penataan trotoar di jalan Sudirman hingga MH. Thamrin, Jakarta Pusat.
Jalan Sudirman di Jakarta/Antara
Jalan Sudirman di Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bakal menebang pohon-pohon guna menyukseskan program penataan trotoar di jalan Sudirman hingga MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Pohon yang sudah rapuh dan membahayakan pengguna jalan, khususnya pejalan kaki, akan ditebang," kata Sandiaga  di Balai Kota, Rabu (7/3/2018).

Selain usia yang sudah tua, penebangan pohon harus dilakukan lantaran cuaca ekstrim yang sering melanda wilayah Jakarta akhir-akhir ini. Sandi tak ingin ada korban jika suatu saat pohon-pohon tersebut roboh. Bukan itu saja, dia juga telah mendapat peringatan dari Bareskrim Polri.

"Teman-teman di Bareskrim Polri memberi masukan agar pohon ditebang karena jika rapuh maka justru membahayakan pengguna jalan," ungkapnya.

Meski demikian, Sandi menegaskan tidak semua pohon di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan ditebang. Sebagian besar pohon yang kondisinya masih bagus akan dipindahkan, yang sudah tak layak akan ditebang.

Proyek penataan trotoar di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga MH. Thamrin untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Berdasarkan gambar desain yang diterima Bisnis, ada beberapa bagian yang akan diubah oleh Pemprov DKI. Desain penataan trotoar tetap mempertahankan lima jalur untuk kendaraan, termasuk mobil, motor, dan jalur khusus bus Transjakarta.

Namun, dalam desain terbaru, pemerintah bakal menghapus jalur hijau di jalan Sudirman dan menggantinya dengan jalur bus reguler dan motor. Adapun, jalur kendaraan yang terletak persis di sebelah trotoar akan diubah menjadi jalur fasilitas.

Trotoar tetap dipertahankan di sisi kiri jalan, tetapi dengan desain yang lebih modern dan ditambah lebih banyak pohon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper