Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah DP Rp0: Pemprov DKI hanya Beri Dana Talangan, bukan Subsidi

Pemprov DKI ternyata tak memberikan subsidi uang muka kepada warga yang berniat mengikuti program DP Rp0, tapi memberikan data talangan.
Rumah Bersubsidi/Bisnis
Rumah Bersubsidi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI ternyata tak memberikan subsidi uang muka kepada warga yang berniat mengikuti program DP Rp0, tapi memberikan data talangan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan uang muka sebesar 1% dari total harga rumah tidak berikan secara cuma-cuma.

"Pemprov DKI menyediakan fasilitas agar para target DP Rp0 enggak cari sendiri dananya, (tetapi) ditalangi," katanya di Balai Kota hari ini Rabu (14/3/2018).

Dia melanjutkan bentuk dana talangan tersebut bisa dari pemerintah melalui APBD maupun dari bank-bank yang menjadi executive agency program tersebut.

Karena bentuknya bukan subsidi, maka dana talangan DP tersebut akan dimasukkan ke dalam skema cicilan yang dibayar setiap bulan.

Meski demikian, Tuty mengaku dana talangan tersebut belum dianggarkan di APBD Perubahan 2018 yang tengah diproses oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Pasalnya, pembangunan rusun DP Rp0 di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur baru selesai 1,5 tahun lagi.

"Kalau ternyata dibutuhkan, kami bisa anggarkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan groundbreaking DP Rp0 merupakan bentuk realisasi janji politik saat dirinya dan Sandiaga Uno melaksanakan kampanye Pilkada DKI 2017.

Sesuai janji kampanye tersebut, syarat utama untuk memiliki rusunami tersebut calon konsumen harus berpenghasilan tak lebih dari Rp7 juta per bulan.

"Semuanya dengan FLPP [Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan]. FLPP itu artinya ada syarat minimal DP 1%, nah yang 1% itu dari kami [subsidi]. Jadi pembiayaannya menjadi 0% karena 1% disediakan lewat APBD," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper