Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Insiden Kecelakaan Kerja di Pasar Rumput, Ini Hasil Investigasi Pemprov DKI

Pemprov DKI telah melakukan investigasi atas terjadinya kecelakaan kerja di proyek pembangunan rusunawa di Pasar Rumput, Jakarta Selatan yang menelan korban jiwa karena tertimpa besi hollow.
Proyek Rusun Pasar Rumput/Antara-Aprilio Akbar
Proyek Rusun Pasar Rumput/Antara-Aprilio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA --Pemprov DKI telah melakukan investigasi atas terjadinya kecelakaan kerja di proyek pembangunan rusunawa di Pasar Rumput, Jakarta Selatan yang menelan korban jiwa karena tertimpa besi hollow.

Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Priyono mengatakan pengawas proyek PT Waskita Karya Tbk. melakukan kelalaian sehingga menyebabkan kecelakaan kerja.

"Kami sudah melakukan investigasi. Memang untuk sementara ditemukan ternyata [kontraktor] tidak melakukan pemasangan jaring pengaman atau safety net sehingga mengakibatkan kecelakaan kerja," ujarnya, Kamis (22/3/2018).

Fungsi dari jala pengamanan atau jaring polynet proyek adalah agar material gedung atau proyek bangunan tidak jatuh, karena sangat berbahaya jika material sampai jatuh ke ke bawah.

Dia menuturkan Disnaker DKI akan berkoordinasi dengan penegak hukum terkait langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya. Priyono juga mengatakan akan mencari orang yang bertanggung jawab di proyek pembangunan rusunawa terpadu pasar di kawasan tersebut. Meski demikian, dia tak menampik bahwa hukuman yang akan diterapkan masih mengacu pada Undang-undang Nomor 1 Tahun 1979 tentang Keselamatan Kerja. Dalam UU tersebut, maksimal hukuman memang hanya 3 bulan penjara.

Priyono mengakui hukuman itu terlalu ringan untuk kecelakaan di proyek rusunawa Pasar Rumput yang telah menelan korban nyawa. Menurut dia, sudah saatnya UU tersebut direvisi.

"Hukuman maksimal memang segitu. Namun, soal menghilangkan nyawa urusannya dengan Kepolisian beda lagi," katanya.

Seperti diketahui, besi hollow sepanjang tiga meter menimpa kepala Tarminah (54). Dia pun tewas seketika saat tertimpa besi proyek pembangunan Rusunawa Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler