Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Bakal Panggil Staf yang Kembalikan Mobil Ratna Sarumpaet

Insiden didereknya mobil aktivis Ratna Sarumpaet berbuntut panjang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok.  Diskominfotik Pemprov DKI.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok. Diskominfotik Pemprov DKI.

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden didereknya mobil aktivis Ratna Sarumpaet berbuntut panjang.

Video kejadian di Taman Tebet pada Selasa (3/4/2018), sempat viral. Agar mobilnya dilepas, Ratna menelepon staf Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tiga jam setelah kejadian, mobil Ratna dikembalikan.

Anies mengatakan dirinya akan memanggil staf gubernur yang mengembalikan mobil Ratna Sarumpaet tanpa mengikuti standar prosedur. Bila terbukti bersalah, kata Anies Baswedan, stafnya itu akan ditindak dan dilakukan pendisiplinan.

“Jadi, bekerja itu bukan karena rasa takut. Kami berdua (Anies-Sandi) akan jalankan taat SOP. Kalau ada permintaan apapun, lihat SOP (standar operational prosedur). Kalau itu sejalan, ya jalan,” kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Menurut Anies, setiap hal yang diambil oleh pemerintah harus memiliki dasar hukum. Jika ada yang keberatan atas tindakan yang dilakukan, maka harus melalui prosedur hukum.

“Tidak bisa tanpa prosedur hukum, karena ini adalah tindakan hukum,” ujar Anies.

Anies menegaskan seluruh staf dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memiliki SOP dalam setiap melakukan tindakan hukum. Kalau tidak mengikuti hukum, maka menjadi sebuah pelanggaran hukum.

“Jadi, kalau petugas kami menindak, lalu ada yang keberatan, ada prosedurnya untuk protes. Ada tata caranya. Dan apabila tindakan itu benar, maka jalan terus. Bila salah, maka ada tata caranya untuk pemerintah mengganti rugi. Jadi, ikuti prosedur saja,” Anies.

Ratna Sarumpaet mencak-mencak, karena mobilnya yang diparkir di Taman Tebet, Jakarta Selatan, diderek oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Belakangan, mobil tersebut dikembalikan setelah Ratna Sarumpaet menelepon seorang staf gubernur.

“Saya telepon Anies tapi tidak diangkat. Telepon staf gubernur, dia berjanji mengembalikan mobil,” ujar Ratna.

Anies mengklarifikasi bahwa bawah Ratna Sarumpae

t tidak pernah berkomunikasi dengan dirinya mengenai mobil yang diderek. Kemarin, kata Anies, agenda dirinya memimpin rapat Badan Kerja Sama Jabodetabekjur.“Saya nggak terima telepon apa pun,” ujar Anies.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper