Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Sakura Matsuri Kembali Digelar di Lippo Cikarang

PT Lippo Cikarang Tbk. kembali menggelar Festival Budaya Sakura Matsuri VII selama 2 hari berturut-turut pada 7 dan 8 April 2018 di Citywalk, Lippo Cikarang.
President Director Japan External Trade Organization (Jetro) Daiki Kasugahara menabuh Taiko disaksikan Chief Excecutive Officer PT Lippo Cikarang Tbk. Toto Bartholomeus (kedua kiri)  menandakan dibukanya Festival Sakura Matsuri VII. Festival yang dilaksanakan 7--8 April 2018 di Citywalk, Lippo Cikarang bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang./Bisnis
President Director Japan External Trade Organization (Jetro) Daiki Kasugahara menabuh Taiko disaksikan Chief Excecutive Officer PT Lippo Cikarang Tbk. Toto Bartholomeus (kedua kiri) menandakan dibukanya Festival Sakura Matsuri VII. Festival yang dilaksanakan 7--8 April 2018 di Citywalk, Lippo Cikarang bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Lippo Cikarang Tbk. kembali menggelar Festival Budaya Sakura Matsuri VII pada 7 dan 8 April 2018 di Citywalk, Lippo Cikarang.

Acara yang didukung oleh Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI), Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, serta pemerintah daerah setempat bertujuan mempererat hubungan Indonesia-Jepang.

Festival Sakura Matsuri tahun ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, yang sekaligus diangkat sebagai tema acara.

Chief Executive Officer PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) Toto Bartholomeus melalui siaran pers, Sabtu (7/4/2018) mengatakan bahwa Festival Sakura Matsuri 2018 bertujuan mewadahi masyarakat Jepang di Lippo Cikarang dengan berbagai festival budaya antarnegara.

Festival Sakura Matsuri merupakan festival tahunan di Jepang yang digelar untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar pada musim ini.

Suasana yang sama  dihadirkan melalui Sakura Matsuri 2018 yang berlokasi di Citywalk, di mana pemilihan lokasi dikarenakan berada pada kawasan tempat tinggal masyarakat Jepang di Cikarang.

Festival Sakura Matsuri Kembali Digelar di Lippo Cikarang

Pengunjung memadati Festival Sakura Matsuri VII pada Sabtu (7/4/2018)./Bisnis

Festival Sakura Matsuri 2018 akan dimeriahkan oleh Soran Bushi, Bon Dori, Cosplay, Coswalk, Mr & Mrs Sakura, tari daerah, tari sakura, AKI20, Kazu, Japanese Band, Japanese Idol, Yoshimoto Comedian, Hiroaki Kato, Snowdrop, Ren-Ai, Cikarang Keion Club, Jakarta Keion Club, Omikishi, Sisingaan, dan J-Rocks sebagai bintang tamu khusus.

Acara juga akan dimeriahkan oleh kegiatan flash mob, festival makanan, food trucks, bazar, dan taiko.

Pada Sakura Matsuri 2018, akan ditampilkan pertunjukan Omikoshi. Omikoshi atau Mikoshi merupakan tandu suci yang dipercayai dinaiki oleh objek pemujaan atau roh dari Kuil Shinto di Jepang.

Selama pelaksanaan festival (matsuri) di Jepang, Omikoshi akan diarak untuk membawa roh ke tempat peristirahatan sementara dengan maksud menenangkan roh yang ada.

Selain itu, terdapat pula pertunjukan sisingaan yang merupakan kesenian asli dari Jawa Barat. Sisingaan atau gotong singa merupakan seni arak-arakan dengan menggotong boneka singa yang ditunggangi oleh seorang anak. Ketika arak-arakan telah selesai akan dilanjutkan dengan atraksi. Sisingaan memiliki makna untuk keselamatan atau syukuran.

Pertunjukan yang memiliki kesamaan karakteristik tersebut akhirnya akan menunjukkan kedekatan antara Indonesia dan Jepang yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler