Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Berlari Telusuri Sungai Ciliwung

Jakarta Property Institute (JPI), bekerja sama dengan Jakarta Berlari menggelar acara lari Ciliwung Punya Kita. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 7 April 2018 ini mengikutsertakan sekitar 100 pelari, termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kedua kiri) berlari menuju Balai Kota, di Jakarta, Jumat (20/10/2017). /Antara
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kedua kiri) berlari menuju Balai Kota, di Jakarta, Jumat (20/10/2017). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Jakarta Property Institute (JPI), bekerja sama dengan Jakarta Berlari menggelar acara lari “Ciliwung Punya Kita.”  Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 7 April 2018 ini mengikutsertakan sekitar 100 pelari, termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Direktur eksekutif JPI Wendy Haryanto mengatakan para pelari mencoba rute sejauh 5 kilo meter menelusuri sungai Ciliwung sekaligus melewati bagian Jakarta yang penuh sejarah, budaya dan cerita. 

"Lari dimulai dari Tugu Proklamasi dan selesai di Balai Kota DKI Jakarta," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (7/4/2018). 

Dia menuturkan JPI yang juga mewakili warga kota Jakarta ingin membangun Jakarta menjadi kota bertaraf internasional. Mayoritas kota-kota internasional yang terpandang memiliki badan air yang digunakan dengan baik untuk kepentingan warganya.

Padahal, Jakarta memiliki Sungai Ciliwung yang sudah menjadi urat nadi sejarah dan perekonomian Jakarta sejak dulu. JPI mengajak warga untuk mengenal kembali sungai yang menjadi bagian dari kota ini, mengembalikan fungsi nadi kota, dan mengembalikan kepemilikan kota kepada warganya.

“Berlari atau berjalan adalah cara yang amat manusiawi untuk mengenal suatu area. Untuk dapat membangun jiwa raga yang sehat, kami pun mengajak warga menikmati kota dengan mengenalkan jalur lari melewati nadi kota dan lokasi-lokasi bersejarah lainnya,” jelas Wendy.

Sandiaga yang menjalankan gaya hidup aktif dan sering berlari bersama komunitas Jakarta Berlari, mengatakan acara ini adalah upaya awal untuk mendekatkan kembali warga dengan kotanya. 

“Selama ini, Ciliwung sudah lama dilupakan warga Jakarta. Ini adalah inisiatif yang baik bagi kita untuk kembali mengenal sungai ini. Saya sekaligus mengajak teman-teman Jakarta Berlari untuk berlari menyusuri Ciliwung,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Sandiaga juga menilai apabila jalur lari Ciliwung menjadi populer, jalur ini dapat menjadi daya tarik warga sebagai ruang terbuka yang berpotensi membuka peluang usaha bagi UMKM. 

Sementara itu, perwakilan dari Jakarta Berlari Roestiandi Tsamanov mengatakan acara “Ciliwung Punya  Kita” juga sekaligus menjadi perayaan hari jadi Jakarta Berlari yang kedua. 

“Saya harap perayaan hari  jadi Jakarta Berlari yang kedua ini dapat menginspirasi warga Jakarta pada umumnya dan khususnya warga di sekitar Sungai Ciliwung untuk peduli dan menjaga lingkungan Sungai Ciliwung.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper