Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Pastikan Suplai Kebutuhan Pokok Jelang Puasa-Lebaran Aman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pasokan kebutuhan bahan pokok di Ibu Kota jelang Puasa-Lebaran terkendali.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menggelar pertemuan dengan TPID yang dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BI Trisno Nugroho,  Kepala Perum Bulog Division Regional Jakarta Marwan Lintang, Dirut PT Food Station Tjipinang Arief Prasetio Adi, dan Dirut PD Pasar Jaya Arif Nasruddin./JIBI- Feni Freycinetia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menggelar pertemuan dengan TPID yang dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BI Trisno Nugroho, Kepala Perum Bulog Division Regional Jakarta Marwan Lintang, Dirut PT Food Station Tjipinang Arief Prasetio Adi, dan Dirut PD Pasar Jaya Arif Nasruddin./JIBI- Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pasokan kebutuhan bahan pokok di Ibu Kota jelang Puasa-Lebaran terkendali.

Hal tersebut disampaikan setelah Pemprov DKI menggelar pertemuan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta, Kantor Perwakilan Bulog Divisi Regional Jakarta-Banten, dan badan usaha milik daerah (BUMD) ketahanan pangan.

“Kami ingin pastikan bahwa suplai kebutuhan pokok di Jakarta terjamin, terutama bulan Ramadan dan Idul Fitri,” katanya di Balai Kota DKI, Selasa (24/4/2018).

Berdasarkan analisis menyeluruh TPID Provinsi DKI Jakarta, pada triwulan I 2018 inflasi Jakarta masih sangat terkendali yang tercatat sebesar 3,23 persen(yoy), lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,40 persen(yoy).

Walau inflasi Jakarta terkendali, menurut Anies, beberapa harga bahan pokok masih perlu mendapat perhatian terutama menjelang hari besar keagamaan nasional. Untuk itu, peran dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan BUMD pangan Provinsi DKI Jakarta sangat diperlukan.

“SKPD akan berperan memberikan potret demand [permintaan] di Jakarta. Sementara itu, BUMD memastikan rantai pasokan berjalan dengan baik, misalnya dengan manajemen stok dan meningkatkan potensi perdagangan antar daerah,” paparnya.

Anies berharap dengan adanya pemantauan demand yang baik dari SKPD dan penyediaan suplai yang diimbangi BUMD Pangan maka akan tercipta stabilitas harga yang menyeluruh di Jakarta.

Anies menegaskan ke depannya Pemprov DKI Jakarta tidak hanya melakukan monitoring harga, melainkan juga memastikan pasokan kebutuhan pokok dengan baik.

“Karena tugas utama kami adalah memastikan pasokan kebutuhan pokok terjamin dengan baik untuk warga Jakarta. Apabila itu dilakukan maka tidak akan terjadi gejolak kenaikan harga,” tambah Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper