Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lalu Lintas di Medan Merdeka Selatan Dialihkan

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018), dialihkan sehubungan dengan adanya menyusul aksi massa dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis di kawasan Monumen Nasional (Monas).
Pengalihan arus lalu lintas/Istimewa
Pengalihan arus lalu lintas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018), dialihkan sehubungan dengan adanya menyusul aksi massa dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Aparat TNI/Polri yang berjaga-jaga di sekitar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, yang hari ini menutup layanan umum visa.

Sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan ditutup dan arus lalu lintas menuju jalan itu dialihkan dari arah Tugu Tani ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Jalan Medan Merdeka Utara pun ditutup. Kendaraan dari arah Gambir, di Jalan Merdeka Timur, diarahkan menuju Masjid Istiqlal dan menuju Jalan Veteran.

Jalan Majapahit hingga Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Jalan Veteran juga ditutup sehingga kendaraan yang ingin menuju Jalan MH Thamrin dan sekitarnya, harus memutar ke arah Jalan Abdul Muis dan berbelok di Jalan Budi Kemuliaan (Bank Indonesia).

Massa Bela Palestina sudah berkumpul di kawasan Monas sejak Jumat dinihari dan melakukan Salat Subuh berjamaah.

Aksi umat Islam tersebut dilakukan sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem.

Pada 6 Desember 2017 lalu, Presiden ASDonald Trump mengumumkan pemindahan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dan mengakuinya Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Padahal selama ini Yerusalem merupakan Ibu Kota Palestina. Keputusan pemerintah AS itu menuai reaksi dan kecaman dari sejumlah negara termasuk Indonesia.

Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama besar, yaitu Kristen, Islam, dan Yahudi. Di kota itu terdapat situs-situs suci bagi ketiga agama tersebut, antara lain Tembok Ratapan (Yahudi), Gereja Makam Kudus (Kristen), dan Masjid Al-Aqsa (Islam).

Sementara itu, di dalam kawasan Monas, terlihat sejumlah mobil tangki air yang disediakan untuk mengambil wudhu bagi massa yang akan shalat. Rencananya, massa akan melakukan aksi hingga melaksanakan shalat Jumat berjamaah di tempat tersebut.

Makanan dan minuman terlihat dibagikan secara gratis oleh beberapa orang dari sejumlah organisasi massa. Hingga berita ini diturunkan, massa masih terus berdatangan ke kawasan silang Monas untuk mengikuti aksi 115 tersebut.

Sejumlah simbol negara Palestina tampak dibawa seperti syal dan bendera Palestina ukuran sedang hingga besar sebagai bentuk dukungan dalam aksi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper