Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Banyak Penduduk Jakarta Tinggal di Rumah Warisan

Menurut survei yang dilakukan oleh situs properti Rumah123, nyaris 45% penduduk Jakarta tidak tinggal di rumah yang mereka beli sendiri.

Bisnis.com, JAKARTA – Menurut survei yang dilakukan oleh situs properti Rumah123, nyaris 45% penduduk Jakarta tidak tinggal di rumah yang mereka beli sendiri.

Berdasarkan data yang diolah oleh tim Business Intelligent Rumah123, kendati tinggal di rumah yang berlabel milik sendiri, hunian tersebut didapat dari hasil warisan keluarga.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung menjelaskan hasil survei tersebut terbilang masih sangat mengkhawatirkan.

“Mereka yang memiliki penghasilan bulanan baik di bawah atau di atas Rp10 juta tetap kesulitan membayar DP,” ungkapnya dalam pemaparan Sentiment Survey H—1/2018 di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/5).

“Betul pengakuan tinggal di rumah sendiri, namun rumah tersebut mereka peroleh dari warisan, bukan dibeli dengan uang mereka sendiri,” lanjutnya.

Berdasarkan data tersebut, besaran uang muka atau down payment (DP) ternyata masih menjadi momok di semua kelompok penghasilan.

“Jadi kurang tepat jika berpikir hanya masyarakat yang berpenghasilan kecil yang kesulitan menyediakan dana untk pembayaran DP”.

Ignatius menjelaskan, masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta per bulan kesulitan membayar DP lantaran kurangnya penghasilan.

Sementara masyarakat yang berpenghasilan di atas Rp10 juta cenderung kesulitan membayar DP karena terlilit utang, seperti credit card, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eva Rianti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper