Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Transaksi Perdagangan Jelang Lebaran di Tanah Abang Rp220 Miliar/Hari

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan geliat perekonomian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat terus meningkat jelang Lebaran.
Pedagang pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat./Reuters-Garry Lotulung
Pedagang pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat./Reuters-Garry Lotulung

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan geliat perekonomian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat terus meningkat jelang Lebaran.

"Total omzet rata-rata mencapai Rp200 miliar per hari. Transaksi perdagangan naik 10%-20% jelang Idul Fitri atau setara Rp220 miliar per hari," katanya Jumat (8/6/2018).

Dia menuturkan peningkatan omzet pedagang terjadi lantaran bertambahnya jumlah pengunjung sejak awal puasa hingga jelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya, kenaikan tersebut terhitung tidak siginifikan. Pasalnya, pusat perbelanjaan tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut memang selalu ramai dikunjungi konsumen sepanjang tahun. Bukan hanya saat periode Puasa-Lebaran.

"Lonjakan transaksi jelang Lebaran memang tidak terlalu tinggi. Justru pengunjung membeludak. Konsumen yang datang enggak beli grosir, tetapi eceran," lanjutnya.

Arief menambahkan jumlah pedagang yang berjualan di Blok G pun tidak bertambah. Dia mengestimasi ada sekitar 1.200 pedagang yang berada di kawasan tersebut.

"1.200 pedagang ini terdiri dari 480 tempat usaha. Kami sedang mendata mereka untuk menyediakan tempat penampungan sementara [TPS] ketika Blok G direnovasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho mengatakan aktivitas konsumsi rumah tangga dipastikan meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri, terutama makanan minuman, sandang dan perjalanan.

Selain karena kebutuhan musiman, aktivitas tersebut semakin terdorong oleh adanya tunjangan hari raya [THR].

"Apalagi, tahun ini pembayaran THR yang dibayarkan agak jauh dari hari raya. Hal ini sedikit banyak meningkatkan aktivitas ekonomi di jakarta," katanya ketika dihubungi Bisnis beberapa waktu lalu.

Meski demikian, dia memperkirakan dampak kenaikan aktivitas ekonomi di Jakarta tidak begitu besar. Pasalnya, Jakarta merupakan kota bagi pendatang yang banyak melakukan mudik ke kampung halaman nya pada periode Lebaran.

Pengeluaran para pendatang, lanjutnya, justru banyak dilakukan di kampung halaman masing-masing. Di samping itu, adanya libur panjang juga menurunkan aktivitas produksi dan distribusi.

"Kegiatan ekspor impor cukup banyak tertahan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper