Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10.000 Ton Bawang Putih Asal China siap Masuk Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya mengimpor bawang putih sebanyak 10.000 ton dari China untuk menjaga harga dan pasokan komoditas tersebut hingga akhir tahun.
Bawang putih./JIBI
Bawang putih./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya mengimpor bawang putih sebanyak 10.000 ton dari China untuk menjaga harga dan pasokan komoditas tersebut hingga akhir tahun.


Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menjelaskan kebijakan impor bawang putih ini tidak bisa dihindari karena lebih dari sebesar 50% peredaran komoditas tersebut didapatkan dari luar negeri. Harga bawang putih yang sempat melonjak pada beberapa waktu dan suplai yang tersendat menjadi alasan Pemprov DKI mengajukan izin impor dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kami mengambil inisiatif [impor] berkoordinasi dengan Kementan untuk memastikan masyarakat bisa menikmati bawang putih dengan harga terjangkau," kata Sandi, Jumat (6/7/2018).

Menurutnya, bawang putih ini akan disimpan lebih dahulu di PT Food Station Tjipinang Jaya hingga dibutuhkan. "Nanti kerja sama dengan PD Pasar Jaya, begitu ada kenaikan sedikit akan [dikirim] suplai pasokannya sehingga harga tidak akan memberatkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi membenarkan impor bawang sebanyak 10.000 ton hingga Desember 2018. Jumlah tersebut hanya sebagian dari izin impor yang diberikan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) mencapai 20.000 ton.

"Jadi kita sudah dapat amanat dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan untuk bantu stabilisasi harga dan pasokan bawang putih di Jakarta. RIPH itu dari Kementan, karena sudah pertengahan tahun jadi hanya separuhnya," kata Arief kepada Bisnis.

Dia menyampaikan bahwa PT Food Station Tjipinang Jaya sebelumnya hanya mendapatkan bawang putih impor dari distributor.
"Sekarang diberi kepercayaan untuk stabilisasi Jakarta mendapar izin impor sendiri, ini bagus. Kita bisa jaga amanat supaya harga bwang putih tidak naik turun seperti sebelumnya," ungkapnya.

Seperti diketahui, bawang putih pernah menyentuh harga Rp66.200 per kg pada akhir kuartal pertama 2018. Padahal harga bawang putih yang ditargetkan oleh pemerintah berada di sekitar Rp25.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler