Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Fasilitasi Lansia Terus Berkarya

Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk memfasilitasi warga lanjut usia (Lansia) agar dapat terus berkarya.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk memfasilitasi warga lanjut usia (Lansia) agar dapat terus berkarya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan kepada Lansia, Pemprov DKI memberikan program kesejahteraan sosial kepada Lansia kurang mampu melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

Hal ini bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, mewujudkan kemandirian, kesejahteraan, dan bentuk perlindungan dari pemerintah.

Dia berharap para Lansia dapat aktif mengisi hari tua dengan terus berkarya.

"Tren di dunia harapan hidup makin panjang, di hampir semua masyarakat jumlah lansia mengalami peningkatan. Bila lansia diajak terlibat berkegiatan baik di komunitas maupun tempat yang lain maka kehadiran mereka memberi manfaat," kata Anies, Rabu (24/7/2018).

Anies menjelaskan Pemprov DKI berupaya untuk tetap memberikan ruang kepada para Lansia ini untuk tetap terlibat dari berbagai kegiatan. Para Lansia ini memiliki pengalaman lebih yang dibutuhkan untuk memberi saran terhadap berbagai aspek pembangunan dan nilai kehidupan.

"Tentu keterlibatannya sesuai dengan porsi dan peran yang bisa mereka lakukan, akan tapi Lansia jangan dipandang sebagai penonton yang hanya menyaksikan, lansia [adalah] masyarakat yang sudah punya pengalaman untuk terlibat," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta juga sedang berupaya untuk menyediakan rumah susun gratis kepada warga Lansia di DKI. Upaya tersebut, yakni merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 111 Tahun 2014 tentang mekanisme Penghunian Rumah Susun Sewa Sederhana (rusunawa).

Dalam peraturan terbaru ini rencananya akan berisi tentang pembebasan biaya sewa untuk penghuni rusun yang tergolong Lansia dan penyandang disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper