Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Pelican Crossing, JPO Bundaran HI Dibongkar Pekan Depan

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta siap membangun pedestrian light controlled crossing atau pelican crossing untuk menggantikan jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Hotel Indonesia yang akan dibongkar.
Pelican Crossing/Istimewa
Pelican Crossing/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta siap membangun pedestrian light controlled crossing atau pelican crossing untuk menggantikan jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Hotel Indonesia yang akan dibongkar.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan pembangunan pelican crossing merupakan permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pembongkaran JPO Bundaran HI akan dilakukan pada Senin minggu depan [30/7/2018]. Pembongkaran dilakukan malam hari agar tidak mengganggu lalulintas di sekitarnya," ujar Silvia di acara Forum Jurnalis dan Blogger di kantor MRT Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dia menuturkan sebelum membongkar jembatan penyeberangan, kontraktor terlebih dahulu membangun zebra cross dan fasilitas untuk menunjang pelican crossing. Menurutnya, letaknya tidak jauh dari lokasi eksisting JPO.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lapangan, pelican crossing akan dibangun dari depan Hotel Pullman menuju Hotel Grand Hyatt di Jalan MH Thamrin. Lokasinya juga tidak jauh dari halte bus yang berada di pedestrian depan Hotel Grand Hyatt.

"Jarak pelican crossing kira-kira 100 meter dari JPO Bundaran HI. Kami pilih lokasi ini untuk memastikan keselamatan pejalan kaki," imbuhnya.

Selain zebran cross yang membentang di dua ruas jalan, dia mengatakan bakal membangun garis kejut sekitar 100 meter sebelum pelican crossing. Garis kejut tersebut merupakan tanda peringatan supaya pengendara mobil dapat memperlambat laju mendekati pelican crossing.

"Nanti juga akan ada petugas untuk membantu mengamankan. Soalnya pelican crossing ini kan baru, jadi sosialisasi dan pengamanan harus ekstra," ucap Silvia Halim.

Mengutip situs savedrivingforlife.info, perbedaan zebra cross dan pelican crossing ada di lampu lalu lintas dan tombol. Jadi ketika pejalan kaki ingin menyeberang, mereka terlebih dahulu memencet tombol yang ada di trotoar. Nantinya lampu tanda untuk berjalan atau berhenti akan menyala.

Waktu pejalan kaki untuk berjalan saat lampu hijau bervariasi, tergantung ukuran jalan serta ramainya penyeberang. Variasinya mulai dari 7 hingga 40 detik.

Ada beberapa titik pelican crossing di Jakarta, yaitu Kebon Sirih, Monas, dan Casablanka (di depan Mall Ambassador).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler