Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Foto Kali Item Bersih pada Masa Ahok, Ini Kesaksian Pengunggah Foto

Foto-foto kondisi Kali Sentiong atau yang belakangan populer sebagai Kali Item pada 2017 menjadi viral di media sosial. Penyebabnya, kali pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu berair relatif bersih dan ramai dipakai bermain oleh anak-anak.
Kali Sentiong atau Kali Item di Jakarta Pusat pada era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)./Facebook@rifqi fathullah
Kali Sentiong atau Kali Item di Jakarta Pusat pada era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)./Facebook@rifqi fathullah

Bisnis.com, JAKARTA - Foto-foto kondisi Kali Sentiong atau yang belakangan populer sebagai Kali Item pada 2017 menjadi viral di media sosial. Penyebabnya, kali pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu berair relatif bersih dan ramai dipakai bermain oleh anak-anak. 

BACA: Warganet Tantang Rifqi Fathullah Unggah Video Kali Item Bersih pada Masa Ahok

Nama Kali Item yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat, itu sebenarnya merupakan bagian sodetan antara Kali Sentiong dengan Kali Sunter. Namun nama yang sama akhirnya populer juga untuk bagian Kali Sentiong dekat Wisma Atlet Kemayoran.

Bagian dari kali itu dan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi baunya menjadi buah bibir di tengah persiapan pergelaran Asian Games 2018.

Adalah Rifqi Fathullah, orang yang mengunggah foto-foto air Kali Item yang agak bersih ke akun media sosial Facebook pribadinya pada 26 Maret 2017.

Berdasarkan ramalan BMKG, cuaca di Jakarta dan sekitarnya pada era Ahok, akhir Maret 2017 diguyur hujan.

"Saya sendiri yang memfoto waktu itu dengan handphone Xiaomi Mi 5. Tidak ada objek yang saya tambahkan maupun kurangi," kata Rifqi saat dihubungi Jumat (3/8/2018).

Rifqi bercerita, saat itu ia tengah melintas di pinggir Kali Sentiong sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, ia memutuskan untuk berhenti karena takjub dengan kondisi air Kali Sentiong yang dipakai bermain dan berenang oleh anak-anak.

 "Saya sebetulnya hanya mau lewat saja. Karena kejadian langka, saya sampai berhenti dan mengambil fotonya," ujar Rifqi.

Rifqi pun mengunggah kembali foto-fotonya tersebut setelah ramai pemberitaan Kali Sentiong sebagai Kali Item.

“Saya siap mempertanggungjawabkan kebenaran foto-foto itu,” ujar Rifqi.

Tempo mengecek lokasi persis foto itu diambil. Lokasi tepatnya berada di bagian Kali Sentiong sisi Wisma Atlet Kemayoran dan menghadap ke Danau Sunter Selatan.

Setelah mencocokkan bentuk bibir kali dan konstruksi pembangunan yang menjadi latar belakang foto, diyakini kalau lokasi tersebut sama.

Sebelumnya, upaya dengan teknologi nano bubble dan pembersihan kali oleh petugas PPSU tak cukup untuk menghilangkan bau. Sejak itu pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR turun tangan di Kali Item. Pun dengan sejumlah kelompok lain seperti Keluarga Alumni UGM, Keluarga Alumni ITB dan juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 

Kali Item yang sempat dibersihkan pada era Ahok menjadi populer setelah Pemerintahan Gubernur Anies Baswedan memutuskan menutup permukaan kali itu dengan jaring. Tujuannya membantu menghadang embusan angin membawa bau tak sedap dari air kali itu ke arah wisma tempat mondok ribuan atlet Asian Games 18 Agustus-2 September 2018.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper