Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotman Paris Kritik Ganjil-Genap, Begini Balasan Sandiaga Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta semua warga Ibu Kota mendukung kebijakan perluasan ganjil-genap yang diterapkan hingga perhelatan Asian Games 2018 selesai.
Hotman Paris/Antara
Hotman Paris/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta semua warga Jakarta mendukung kebijakan perluasan ganjil-genap yang diterapkan hingga perhelatan Asian Games 2018 selesai.

Dia juga meminta tokoh masyarakat (public figure) seperti pengacara Hotman Paris Hutapea ikut menyukseskan program tersebut.

"Pertama, saya ingin kualitas udara Jakarta lebih baik. Kedua, untuk membiasakan masyarakat [naik transportasi umum], khususnya Pak Hotman, ya sebentar lagi ada LRT [light rail transit]," kata Sandi di Balai Kota DKI, Senin (6/8/2018).

Dia mengungkapkan pengacara kondang tersebut dapat mulai mempromosikan LRT fase I dengan rute Velodrome Rawamangun hingga Kelapa Gading. Apalagi, Sandi menuturkan Hotman memiliki kantor dan warung Kopi Joni yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Meski demikian, dia mengucapkan terima kasih atas kritikan Hotman Paris.

"Insya Allah Agustus ini ada LRT, sertifikasi sedang diproses oleh Kemenhub. Kebetulan Lopi Joni dekat banget tuh. Sebetulnya bukan Pak Hotman saja, tapi banyak sekali masyarakat yangg ngeluh," ungkapnya.

Bukan Permanen

Sandi menjelaskan perluasan ganjil-genap yang dilakukan Senin-Minggu merupakan satu-satunya jalan untuk mengurangi volume kendaraan di Jakarta. Pasalnya, komite olimpiade (Olympic Council of Asia) menargetkan waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju arena olah raga tidak boleh lebih dari 30 menit.

Kebijakan perluasan ganjil-genap bukan program permanen dan akan selesai pada 2 September 2018. Program yang permanen adalah maksimalisasi angkutan massal, misalnya mass rapid transit (MRT) dan LRT. Termasuk penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP)

"Kami menerapkan ERP next year. MRT juga akan beroperasi next year, sementara LRT sudah mulai operasional mulai beberapa hari ke depan. Saya minta kita sama-sama patuhi ganjil-genap ini untuk Asian games," jelasnya.

Sebelumnya, Hotman Paris Hutapea melayangkan kritik kepada pemerintah terkait kebijakan ganjil-genap jelang Asian Games 2018.

Dia mengunggah video melalui akun Instagram @hotmanparisofficial pada Sabtu (4/8/2018). Hotman mengatakan, kebijakan perluasan ganjil-genap tidak logis dan membebani masyarakat, apalagi diterapkan pada Sabtu-Minggu. "

Menurutnya, akhir pekan adalah waktu bagi sebagian orang beribadah. Tidak semua orang memiliki dua mobil untuk dibawa beraktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper