Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat Mundur Sandiaga Resmi Diterima, DPRD DKI Jakarta Siapkan Rapat Paripurna

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Sandiaga Uno dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta.
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/Antara
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Sandiaga Uno dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan segera menindaklanjuti surat tersebut kepada pimpinan dewan yang lain.

"Surat sudah saya terima. Setelah ini, saya akan pimpin rapat Bamus [Badan Musyawarah] untuk menentukan tanggal sidang paripurna," katanya ketika ditemui di DPRD DKI, Selasa (14/8/2018).

Meski demikian, dia mengaku harus menggelar rapat pimpinan gabungan atau Rapimgab untuk membahas surat pengunduran diri Sandiaga. Rapimgab dilakukan untuk mendapat kata sepakat dari semua pimpinan fraksi.

"Kalau sudah dapat tanggal, saya akan umumkan sidang paripurna untuk mengesahkan pemberhentian Wagub DKI," ucapnya.

Setelah proses itu, Pras baru akan memulai proses pencarian calon Wagub yang akan menggantikan Sandiaga dan bersanding dengan Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota. Menurutnya, dua proses tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan meski merupakan satu kesatuan.

Apalagi, sebelumnya Anies telah mengatakan proses pengunduran diri Sandiaga harus disepakati oleh DPRD DKI dan mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

"Tahap terakhir, suratnya akan disampaikan ke Presiden dan Kemendagri. Kemendagri nantinya akan mengeluarkan surat keputusan [SK] yang mengesahkan pengunduran diri Wagub," jelasnya.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno mundur dari posisi Wagub DKI karena ingin maju dalam Pemilihan Presiden 2019. Dia mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bertarung dengan pasangan incumbent Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper