Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Ke-73 RI, DKI Gelar Napak Tilas Proklamasi di Museum Joang 45

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kirab bertajuk Napak Tilas Proklamasi di Museum Joang 45 guna mengenang jasa pahlawan dan peristiwa yang terjadi jelang Kemerdekaan Indonesia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./JIBI-Regi Yanuar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./JIBI-Regi Yanuar

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kirab bertajuk Napak Tilas Proklamasi di Museum Joang 45 guna mengenang jasa pahlawan dan peristiwa yang terjadi jelang Kemerdekaan Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 1.100 peserta kirab ini di Museum Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis siang (16/8/2018). 

Acara yang ada untuk ke-35 ini bertujuan mengenang dan mengingatkan kembali peristiwa sejarah Kemerdekaan Indonesia kepada masyarakat, khususnya para pelajar, mahasiswa, dan generasi muda.

Dia menyambut positif acara yang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat ini. Anies berharap kegiatan ini mampu membangkitkan dan menambah semangat warga dalam mewujudkan Jakarta yang adil, maju, dan bahagia.

“[Mari menunjukkan] kita berkomitmen untuk meneruskan perjuangan yang telah dimulai para pejuang di masa lalu. Jadikan kesempatan ini sebagai bentuk komitmen bahwa perjuangan akan diteruskan dan diwujudka  dalam kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantaro mengatakan bahwa kirab ini merupakan inisiasi Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta yang bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun kegiatan ini dibuka oleh pertunjukan Theatrical Perjuangan oleh Theatre Mata dengan judul Detik-Detik Proklamasi.

Berbeda dengan kegiatan tahun lalu, kirab 2018 menghadirkan sebanyak 45 bendera peserta Asian Games dalam iring-iringan. Hal ini dalam rangka menyambut Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus 2018 atau dua hari lagi.

Para peserta kegiatan ini akan melakukan parade jalan kaki atau kirab dari Museum Joang 45 menuju Museum Naskah Proklamasi, kemudian berakhir di Tugu Proklamasi. Para peserta kirab tersebut antara lain veteran, para pejuang kemerdekaan, Abang None DKI Jakarta, komunitas museum, serta para pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper