Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: Anies Pastikan Arena Olah Raga di Jakarta Berkelas Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga Ibu Kota siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
Foto aerial kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jabar, Minggu (11/6)./Antara-Yulius Satria Wijaya
Foto aerial kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jabar, Minggu (11/6)./Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga Ibu Kota siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Selain pemerintah, seluruh elemen warga telah bekerja optimal dalam menyiapkan sarana, prasarana, serta mempercantik kota demi menyambut atlet, officials, dan tamu dari berbagai negara.

"Kami telah menuntaskan seluruh persiapan dengan baik, baik dari sisi arus lalu-lintas, transportasi untuk atlet dan officials, serta venue olah raga dan beragam fasilitas," katanya di Lapangan Banteng, Jumat (17/8/2018).

Berdasarkan catatan Bisnis, ada delapan lokasi yang terdiri dari 51 arena olah raga yang digunakan untuk Asian Games 2018. Lokasi venue terbanyak ada di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan ditambah Velodrome Rawamangun, Equestrian Pulomas, Ancol, Padang Golf Pondok Indah, Padepokan Pencak Silat TMII, dan JIExpo Kemayoran.

Anies menambahkan semua arena olah raga yang ada di Jakarta sudah memenuhi standardisasi internasional sehingga pasti akan memberi kesan baik bagi atlet luar negeri.

"Venue Equestrian, Velodrome, BMX track, serta jetski dan layar di Ancol semuanya berkelas dunia sehingga saya jamin Jakarta layak menjadi salah satu pusat olah raga tingkat internasional," ucapnya.

Selain itu, Anies memastikan pihaknya telah mempersiapkan keindahan kota dengan menata pedestrian khususnya di sepanjang Sudirman-Thamrin.

Penataan jalan dan trotoar koridor Jalan Sudirman – Jalan MH Thamrin merupakan Fase I dari penataan jalan dan trotoar yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Untuk Fase I pembangunan telah rampung secara keseluruhan pada Juli 2018, penataan yang telah dilakukan, yaitu lajur jalan sudah terbentuk lurus, permukaan mulus dan bersih. Trotoar di beberapa segmen (Kawasan Gelora Bung Karno, Bendungan Hilir – Dukuh Atas, Hotel Indonesia) sudah terbentuk lebar, nyaman dan ramah disabilitas.

Sementara itu, sebagian trotoar lainnya sementara menggunakan eksisting dengan perapihan dan beautifikasi juga tersedia beberapa fasilitas pendukung berupa pohon dan taman, halte bus, lampu jalan dan trotoar, dan jalur sepeda.

Pemprov DKI Jakarta berupaya menata kota dengan kondisi jalan dan trotoar yang ramah bagi warganya. Penataan jalan dan trotoar koridor Jalan Jenderal Sudirman – Jalan MH Thamrin pun terus berlangsung yang merupakan pengerjaan jangka panjang.

Anies sebelumnya telah memasang instalasi karya seni bambu di Bundaran Hotel Indonesia. Karya seni tersebut dibuat oleh seniman Joko Avianto yang diberi judul "Getah-Getih".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper