Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018: BMKG dan Esri Kembangkan Aplikasi Pemantau Cuaca di Area Pertandingan

BMKG bersama Esri Indonesia mengembangkan aplikasi cerdas berdasarkan teknologi terkini yang mampu menampilkan kegiatan Asian Games dan informasi hasil observasi saat ini.

Bisnis.com, JAKARTA - BMKG bersama Esri Indonesia mengembangkan aplikasi cerdas berdasarkan teknologi terkini yang mampu menampilkan kegiatan Asian Games dan informasi hasil observasi saat ini.

Pusat Data BMKG telah dilengkapi dengan data satelit, stasiun cuaca dan sensor yang terus mengumpulkan dan memproses data.

Semua informasi diintegrasikan dengan Teknologi Big Data dan Cloud dari ArcGIS Online milik Esri, data ini diproses menjadi real-time web service untuk tiap lokasi pertandingan secara spasial. Dari penerapan teknologi ini dapat dihasilkan aplikasi cerdas yang menampilkan kondisi cuaca saat ini, prediksi cuaca, suhu, kelembapan, kecepatan dan arah angin di tiap titik lokasi pertandingan dalam format yang mudah dipahami.

Penerapan kemampuan teknologi cloud berbasis spasial ini juga memungkinkan data BMKG terkait informasi fenomena gempa bumi dan pergerakan asap dapat diinformasikan kepada publik secara spasial. Informasi terkait asap ini terutama diperlukan untuk wilayah Sumatra Selatan bagi kegiatan Asian Games di Jakabaring, Palembang.

“Teknologi ArcGIS online berbasis cloud memungkinkan otomatisasi pengolahan big data dari pusat data BMKG menjadi real-time service berbasis spasial untuk tiap lokasi kegiatan”. Dengan kemampuan ini, maka bagi peserta kegiatan dapan memiliki informasi yang khusus untuk lokasi kegiatannya secara mudah dan cepat.,” jelas Dr. Achmad Istamar, CEO Esri Indonesia dalam siaran persnya. 

Lebih lanjut A. Istamar menjelaskan bagi para kontingen dari 45 negara peserta Asian Games tahun ini, informasi cuaca saat ini dan prediksi dapat digunakan dalam menentukan strategi untuk mengoptimalkan hasil lomba atau pertandingan. 

“Hal ini terutama sekali akan sangat membantu para atlet olahraga di area terbuka seperti dayung, baseball dan softball, panahan, rugby, hoki, dan renang dan bagi panitia, termasuk pihak keamanan, informasi cuaca yang akurat dan terintegrasi membantu mereka merespon secara cepat situasi yang terkait kondisi alam saat itu. Juga bagi para jurnalis yang berasal dari puluhan negara, informasi ini membantu mereka menyusun berita mengenai gelaran olahraga terbesar di Asia ini,” jelas Prof. Dr. Dwikorita Karnawati, Phd, Kepala BMKG.

Kolaborasi BMKG dan Esri Indonesia kali ini merupakan pengembangan dari implementasi teknologi spasial yang sudah berjalan baik selama ini. Selain itu, Esri Indonesia berkomitmen mendukung BMKG dalam mewujudkan lompatan inovasi 4.0. Selain Asian Games 2018, kerja sama antara BMKG dan Esri Indonesia ini rencananya akan dilanjutkan dalam penyelenggaraan IMF Summit di Bali dan Papua Showcase tahun ini.

Informasi mengenai cuaca dapat diakses di bit.ly/AG_cuacahariini dan bit.ly/AG_cuacaprediksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper