Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Set Kereta MRT Tiba di Jakarta

Sebanyak empat rangkaian kereta Mass Rapid Transit Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (18/8/2018).
Depo Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus, di Jakarta/JIBI-Feni Freycinetia
Depo Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus, di Jakarta/JIBI-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA --Sebanyak empat rangkaian kereta Mass Rapid Transit Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengatakan rolling stocks tersebut akhirnya berlabuh di Ibu Kota stelah mengarungi lautan menggunakan kapal pengangkut SE Potentia.

"Perjalanan pengangkutan berlangsung selama kurang lebih 14 hari sejak diberangkatkan dari Toyohashi Jepang pada 4 Agustus," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (19/8/2018).

Dia menuturkan setiap rangkaian/set terdiri dari 6 kereta (car). Dalam pengiriman kali ini terdapat 24 kereta yang diangkut dari Jepang.

Setelah dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, mulai pukul 14:00 WIB, satu per satu kereta baru yang diproduksi oleh Nippon Sharyo Jepang untuk MRT Jakarta tersebut mulai diturunkan dari kapal.

"Jadwal penurunan direncanakan pada 19-27 Agustus malam. Setelah itu, rangkaian kereta tersebut akan dikirimkan dari pelabuhan menuju Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus," imbuhnya.

Diprediksi MRT Jakarta akan mengangkut 4 kereta untuk tiap pengiriman per malam. Tubagus menambahkan kedatangan 4 rangkaian/set kereta ini menyusul 2 rangkaian kereta lainnya yang saat ini tengah digunakan dalam System Acceptance Test (SAT).

Dengan demikian Kereta MRT Jakarta saat ini telah berjumlah 6 rangkaian/set.

Untuk fase 1 MRT Jakarta (Lebak Bulus – Bundaran HI) akan menggunakan 16 rangkaian/set kereta, dengan komposisi 14 dioperasikan, sedangkan 2 set menjadi cadangan.

"Secara bertahap, rangkaian-rangkaian kereta akan terus dikirimkan ke Jakarta hingga memenuhi jumlah tersebut dengan jadwal pengiriman rangkaian kereta terakhir pada November 2018," ungkapnya.

Hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota ini. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper