Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda DKI : Tidak Semua Rekomendasi KASN Dapat Terlaksana

Sekretaris Daerah DKI Jakarta menilai tidak semua rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara dapat terlaksana.
Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah/Antara-Hafidz Mubarak
Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah/Antara-Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA -- Sekretaris Daerah DKI Jakarta menilai tidak semua rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara dapat terlaksana.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan bahwa akan berkoordinasi terus dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait progres perombakan jabatan di lingkungan DKI.

Bahkan, komunikasi tersebut terjalin hingga saat ini, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Budi Hastuti berkunjung ke KASN untuk membahas perkembangan terbaru rekomendasi KASN pada Kamis (20/9/2018).

Menurutnya, tidak semua rekomendasi dari KASN dapat terlaksana. Hanya pejabat yang memenuhi kriteria, semisal masih berusia produktif yang dipertimbangkan untuk masuk kembali ke jabatan semula atau setara.

"Sudah banyak yang dikerjakan [dari rekomendasi KASN], tapi ada yang enggak mungkin juga dikerjakan," kata Saefullah, Kamis (20/9/2018).

KASN mencatat, saat ini Pemprov DKI telah mengikuti rekomendasi KASN terhadap delapan dari total sebanyak 16 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkena perombakan pada beberapa waktu lalu.

Selain itu, dua dari pejabat yang terkena perombakan masih dalam progres assessment untuk ke jabatan semula atau setara. Sedangkan, beberapa pejabat yang lain ada menolak untuk dipanggil oleh Pemprov DKI.

"Kan kemarin sudah dua orang yang sudah assessment. Nanti kira-kira cocoknya di mana [sesuai assessment]. [Beberapa pejabat yang lain] dipanggil gubernur enggak datang, dipanggil saya enggak datang. Mau diapakan [bila] tidak datang?" ujar Saefullah.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa telah mempertimbangkan rekomendasi KASN terkait perombakan jabatan yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Dia menambahkan telah menjalankan sebagian rekomendasi dari KASN.

"Sebagian [lain] sedang dalam proses, [hanya saja] belum selesai semuanya. Spesifiknya tidak saya diskusikan. Akan tetapi item-itemnya sedang kita bicarakan dengan KASN," ungkap Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper