Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aetra Butuh Investasi Rp14 Triliun Layani Air Bersih di DKI

Peningkatan cakupan jaringan air bersih di DKI Jakarta tak hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah, tetapi operator air yang ada di Ibu Kota.
Aetra/Istimewa
Aetra/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Peningkatan cakupan jaringan air bersih di DKI Jakarta tak hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah, tetapi operator air yang ada di Ibu Kota.

Pasalnya, cakupan jaringan di DKI Jakarta saat ini baru berkisar 60%. Dengan demikian, masih ada 40% kelompok masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses air bersih.

Presiden Direktur PT Acuatico Air Indonesia Ivy Santoso mengatakan pihaknya membutuhkan dana yang cukup besar untuk meningkatkan cakupan air bersih di wilayah konsesi, yaitu sebagian wilayah Utara dan seluruh wilayah Timur Ibu Kota.

"Kalau menargetkan pelayanan hingga 100%, untuk wilayah Aetra saja butuh sekitar Rp14 triliun," katanya ketika ditemui Bisnis di kawasan Sudirman, Minggu (11/11/2018).

Dia menuturkan investasi tersebut termasuk penambahan kapasitas produksi air bersih, perbaikan jaringan pipa eksisting, serta penambahan jaringan baru di wilayah yang belum dijangkau perpipaan.

Menurut Ivy, peningkatan jangkauan air menjadi 100% mmebutuhkan waktu setidaknya 7-10 tahun dari sekarang. Selain besarnya nilai investasi yang dibutuhkan, ada beberapa hal yang menghambat operator untuk berekspansi, khususnya terkait teknik di lapangan.

"Kalau di Jakarta itu wilayahnya sudah padat penduduk dan bangunan. Kalau kami mau bangun pipa baru atau rehabilitasi pipa lama mau tak mau harus berkoordinasi dengan banyak pihak, termasuk pemerintah dan pengelola gedung atau jaringan lain," ujarnya.

Selain itu, hal lain yang menjadi tantangan yakni ketersediaan air baku untuk diolah operator. Pasalnya, tugas Aetra saat ini mengolah serta membersihkan air baku yang ada di sungai-sungai di Jakarta. Untuk melaksanakannya, Aetra perlu berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan institusi lain.

"Aliran air baku yang ada sekarang pun tidak cukup jika kami harus menjangkau pipanisasi hingga 100% di Ibu Kota," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional PT Moya Indonesia Joedi Herijanto mengatakan pihaknya merencanakan penambahan produksi 5.000 liter/detik untuk empat kota, yaitu DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Semarang Barat.

Moya Indonesia merupakan induk usaha Aetra Air Jakarta. Dia menyebutkan total belanja modal (capital expenditure) yang harus dirogoh perusahaan.

"Untuk penambahan 5.000 liter/detik butuh capex yang cukup besar sekitar Rp5 triliun-Rp6 triliun," jelasnya.

Dia menuturkan Moya Indonesia sebagai operator pengelola air bersih harus bekerja sama dengan pemerintah daerah sekaligus perusahaan daerah air minum (PDAM) di masing-masing wilayah. Hal itu terkait dengan hak konsesi sekaligus zonasi yang diberikan untuk dikelola.

Jodie memberi contoh pemerintah memberikan tiga zona di Tangerang, Banten untuk dikelola oleh operator air bersih. PT Moya Indonesia melalu Aetra Air Tangerang mengelola di satu kawasan.

"Awalnya, cakupan air bersih biasanya mulai di 40%-60%. Setelah itu, kami coba kembangkan hingga mencapai 100% dalam waktu 5 tahun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper