Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran TGUPP Diloloskan, Ketua Fraksi NasDem Pertanyakan Ketua DPRD DKI

Ketua Fraksi Nasdem mempertanyakan keputusan Ketua DPRD DKI yang meloloskan permohonan anggaran TGUPP
Ketua DPRD DKI  Prasetio Edi Marsudi dan Ketua Fraksi NasDem DKI Bestari Barus menjadi pembicara saat peluncuran buku berjudul Kebijakan Ahok karya mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Gedung Filateli, Jakarta Pusat./JIBI-Feni Freycinetia
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Ketua Fraksi NasDem DKI Bestari Barus menjadi pembicara saat peluncuran buku berjudul Kebijakan Ahok karya mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Gedung Filateli, Jakarta Pusat./JIBI-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA–Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mempertanyakan keputusan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi yang meloloskan pengajuan anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan sebesar Rp 9 miliar, sama seperti dalam APBD 2018.

Sebelumnya, dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/11/2018), Pemprov DKI Jakarta menyelipkan anggaran TGUPP Rp20 miliar dalam mata anggaran Bappeda. Rapat tersebut membahas soal Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2019. 

Dalam rapat Bestari menolak nominal anggaran tersebut dan menyatakan sebaiknya dinolkan saja.

Saat dihubungi media, Jumat (23/11/2018), Bestari mempertanyakan otoritas Prasetio memberikan anggaran Rp19 miliar tanpa suara bulat atau voting dari anggota Banggar. "Belum divoting belum apa sudah diketok. Gubernur punya diskresi, Ketua DPRD tidak punya diskresi," kata Bestari.

Prasetio pada rapat kemarin menyatakan Ketua DPRD DKI Jakarta juga memiliki hak layaknya Gubernur.  Dia menyetujui anggaran Rp19 miliar untuk TGUPP meski banyak anggota Banggar yang menolak.

Melalui telepon, Bestari menambahkan bahwa TGUPP tidak jelas siapa anggotanya dan tidak jelas tolak ukur kinerjanya. "Namanya percepatan pembangunan maka dampak ujungnya adalah serapan tinggi, pembangunan kelihatan," kata Bestari.

Bestari menambahkan lebih baik menunjuk kepala-kepala dinas yang kompeten untuk menyelesaikan masalah masing-masing daripada menambahkan TGUPP dalam mata anggaran.

Bestari menegaskan dirinya tidak menentang keberadaan TGUPP tetapi pendanaannya lebih baik ditanggung oleh dana operasional gubernur. "Apabila TGUPP didanai APBD maka kita mesti bertanya karena setiap mata anggaran mesti kita kritisi, kita awasi kemanfaatannya bagi masyarakat," imbuh Bestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper