Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta Banjir: PMI Evakuasi Warga

Untuk mengantisipasi banjir, sejak semalam hingga siang hari ini (Senin, 13/1/2014) PMI Kota Jakarta Timur menurunkan tim relawan dan perahu karet, serta rakit untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumah ke posko terdekat
Jakarta banjir/Bisnis
Jakarta banjir/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-- Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Minggu (12/1/2014) pagi, menyebabkan air sungai Ciliwung meluap dan membanjiri beberapa wilayah. Warga pun terpaksa dievakuasi ke tempat pengungsian yang lebih aman, di beberapa titik.

Wilayah yang diterjang banjir di kawasan Jakarta Timur, diantaranya Kelurahan Kp. Melayu, Kel. Bidaracina, Kel. Cililitan, Kel. Cawang, Kel. Cipinang Besar Selatan, Kel. Pondok Bambu, Kel. Baru, Kel. Kebon Manggis, Kel. Lubang Buaya, Kel. Cakung Timur, dan Kel. Baru.

Untuk mengantisipasi banjir tersebut, sejak semalam hingga siang hari ini (Senin, 13/1/2014) PMI Kota Jakarta Timur menurunkan tim relawan dan perahu karet, serta rakit untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumah ke posko terdekat.

“Lebih dari 200 orang berhasil di evakuasi sejak Minggu malam,” kata Ketua PMI Kota Jakarta Timur Kusnoto, melalui rilis PMI Pusat yang dikirim Senin (13/1/2014).

Dia mengatakan ada sekitar 150 orang relawan PMI Kota Jakarta Timur siap siaga, dalam memberikan bantuan kepada korban banjir. Mereka meliputi relawan KSR Unit Markas PMI Jaktim, KSR Unit UNJ, KSR Unit Azzahra, Sibat, Tenaga Suka Rela dari Jumantik, serta 25 orang anggota PMR dari Dinamika Pembangunan.

“Pagi tadi, sudah didistribusikan 5.500 roti manis, dan 2.400 porsi bubur kacang hijau hangat bagi para pengungsi. Siang ini relawan PMI menyiapkan makan malam sebanyak 5.500 kotak melalui posko dapur umum di Markas PMI, yang akan didistribusikan kepada korban banjir," katanya.

Selain distribusi sarapan pagi dan makan malam, lanjutnya, PMI Jakarta Timur juga memberikan bantuan berupa selimut, kain sarung dan tikar lipat kepada pengungsi, serta bahan natura berupa beras, telur, mie instant, kecap, minyak sayur, sarden dan kerupuk ke beberapa kelurahan.

“Kami selalu tanggap dan peduli dalam memberikan pelayanan kepada korban banjir. Kami telah mengerahkan segala upaya baik secara materil maupun personil untuk mengakomodir kebutuhan pengungsi. Relawan dibagi dua tim, yaitu Tim Evakuasi dan Tim Dapur Umum dan Logistik,” ujar Kusnoto.

Dia menambahkan PMI Kota Jakarta Timur menerima dan menyalurkan bantuan dari masyarakat luas berupa dana, natura (bahan makanan), selimut, perlengkapan kebersihan, dan air mineral.

Bagi masyarakat yang ingin membantu bisa menghubungi Suhanda, Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas PMI Kota Jaktim Tlp. 021-8611832/ 081513404057, Reza/KaSi Humas, Hp. 0815 160 6404, dan Dewi Rahmadania / Hp. 0815 1416 1293, email : [email protected], twitter: @pmijaktim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper