Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Jakarta: Pengungsi Butuh Selimut & Tikar

Ratusan pengungsi di kawasan Kelurahan Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur saat ini sangat membutuhkan selimut dan tikar untuk alas tidur. Mereka kebanyakan tidur beralaskan terpal plastik biru, dan dilapisi kertas dari kardus bekas.

Bisnis.com, JAKARTA-- Ratusan pengungsi di kawasan Kelurahan Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur saat ini sangat membutuhkan selimut dan tikar untuk alas tidur. Mereka kebanyakan tidur beralaskan terpal plastik biru, dan dilapisi kertas dari kardus bekas.

"Ada sekitar 800 orang warga RW 01 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Kampung Melayu yang tinggal di posko samping RS Hermina, Kampung Melayu ini," kata M. Haris, Ketua RW 01, ketika ditemui di posko, Minggu (19/1/2014) sore.

Banjir bandang yang menerjang perumahan warga yang berdekatan dengan Kali Ciliwung itu, tinggi airnya berkisar 3 meter sampai 5 meter, bahkan ada yang menenggelamkan rumah.

"Warga sudah siap-siap ke posko sejak Katulampa siaga dua. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," ungkap Haris.

Selain tikar dan selimut, lanjutnya, para pengungsi juga membutuhkan obat-obatan seperti minyak angin, obat diare, obat gatal-gatal untuk penyakit kulit, dan obat flu serta batuk. Juga susu untuk balita, serta pembalut bagi kaum ibu.

"Untuk bahan makanan, Alhamdulillah ada mi instan sumbangan dari masyarakat Jabodetabek yang datang membantu. Selain itu kami juga dapat suplai makan dari Palang Merah Indonesia," ujarnya.

Haris menuturkan di poskonya tidak membuat dampur umum. "Kasihan pada warga pengungsi yang merasa kecapaian tiap hari bolak-balik melihat rumah dan barang-barang yang ditinggalkannya," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper