Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Angkot DKI Tak Bermaksud Hapus Mikrolet

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan kaji ulang rencana revitalisasi angkutan umum berjenis mobil kecil (mikrolet) dengan daya angkut minim tidak bermaksud menghapus angkot secara keseluruhan.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta terus menggodok rencana revitalisasi angkot dari jalanan ibu kota lantaran banyak dikelola manajemen perorangan yang kerap menimbulkan masalah.

Namun Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan kaji ulang rencana revitalisasi angkutan umum berjenis mobil kecil (mikrolet) dengan daya angkut minim  tidak bermaksud menghapus angkot secara keseluruhan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Akbar menjelaskan pengkajian angkot tersebut diarahkan kepada manajemen operasi angkutan umum yaitu soal kewajiban setoran dan kepemilikan perorangan atas angkot.

"Bagaimana konsepnya lagi kita susun. Sistem sekarang mereka harus membawa setoran," ujarnya seperti dikutip laman Pemprov DKI Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Dengan mengubah sistem manajemen tersebut, lanjut Akbar, ada kemungkinan terdapatbeberapa konsekuensi seperti perubahan jenis kendaraan, manajemen angkutan ,dan faktor kepemilikan atas angkot tersebut.

"Memang ada konsekuensinya dengan perubahan sistem itu. Sopirnya tetap tapi mereka akan digaji. Gajinya belum tahu," ujarnya.

Namun Akbar belum dapat memastikan bagaimana nanti jenis angkutan umum tersebut setelah direvitalisasi.

Saat ini kajian tengah dilakukan dengan Organda dan unit terkait lainnya. Akbar berharap revitalisasi tidak mengalami kendala sehingga bisa segera diselesaikan.

"Kalau sudah ada konsepnya, nanti kita coba dulu satu trayek. Baru disempurnakan. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper