Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Wisata Edukasi di Jakarta? Ayo ke Kampung Batik Palbatu

Kampung batik Palbatu, Tebet Jakarta menjadi tempat wisata edukasi paling unik di Ibu Kota untuk meningkatkan kecintaan warga terhadap batik sebagai warisan budaya nasional.
 Kampung Batik Palbatu
Kampung Batik Palbatu

Bisnis.com, JAKARTA - Kampung batik Palbatu, Tebet Jakarta menjadi tempat wisata edukasi paling unik di Ibu Kota untuk meningkatkan kecintaan warga terhadap batik sebagai warisan budaya nasional.

Pembentukan kampung batik di Jl Palbatu, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan diprakarsai secara swadaya oleh warga setempat sejak 2011.

Sepanjang jalan dan semua gang sempit di Palbatu kini terlihat lukisan batik yang indah di hampir semua dinding, pagar rumah, dan pot bunga itu mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

Budi Darmawan, salah seorang penggagas kampung batik Palbatu, mengatakan ide awal menjadikan Jl Palbatu sebagai kampung batik berawal dari minimnya kampung batik batik nusantara di Jakarta.

"Harapan kami suatu saat nanti lokasi ini bisa menjadi tempat wisata sekaligus wahana edukasi mengenai batik yang saat ini jumlahnya masih kurang di ibu kota," katanya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (19/5/2014).

Menurutnya, bermodal kenekatan, dirinya bersama tiga rekannya, ingin mewujudkan kampung batik seperti di Lawean, Solo dengan mengundang perajin dari Jawa Tengah untuk memperkenalkan batik sekaligus mengedukasi warga Jl Palbatu agar bisa membatik.

Dia juga menjelaskan berbagai penghargaan diraih warga kampung batik Palbatu, salah satunya dari Muri untuk rekor memiliki jalan terpanjang dengan motif batik mencapai 133,9 m dan rekor memiliki jumlah rumah warga yang paling banyak di cat dengan motif batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nurbaiti
Sumber : britajakarta.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper