Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

531 Bus Transjakarta Mangkrak di Ciputat

Sebanyak 531 unit bus Transjakarta pada 10 paket pengadaan armada 2013 masih mangkrak di Pool PPD yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan dan Cawang, Jakarta Timur.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 531 unit bus Transjakarta pada 10 paket pengadaan armada 2013 masih mangkrak di Pool PPD yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan dan Cawang, Jakarta Timur.

Kini, ratusan armada bus baru Transjakarta tersebut tidak jelas nasibnya.

Seperti diketahui, pada 2013 Pemprov DKI merencanakan pengadaan bus Transjakarta sebanyak 656 unit dalam 14 paket lelang dengan nilai transaksi Rp1,1 triliun.

Empat paket lelang sebanyak 125 unit senilai Rp564,93 miliar telah dibayarkan dan beroperasi, sedangkan sisanya 531 unit dimasukkan ke dalam 10 paket lelang dan baru dibayarkan oleh Pemprov DKI sebesar 20%.

Ketidakjelasan nasib bus tersebut terkuak setelah 14 unit armada bus Transjakarta yang baru beroperasi selama 1 minggu ditemukan komponen berkarat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan belum dapat memastikan nasib dari ratusan bus tersebut.

"Masih belum tahu itu karena baru bayar uang muka 20% kepada vendor. Bus tersebut sebenarnya belum serah terima dengan pemprov," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (21/5/2014).

Ratusan armada bus tersebut dirawat oleh vendor karena tidak ada kebijakan apapun dari Pemprov DKI. Saat ini, Dinas Perhubungan DKI masih melakukan pembahasan lebih lanjut terkait nasib armada bus tersebut.

Pemprov DKI tidak akan menerima 531 unit armada bus Transjakarta karena dinilai bermasalah. Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pria yang kerap disapa Ahok ini memilih tidak menerima dan mengoperasikan sejumlah armada bus dibandingkan bus tersebut rusak dan tidak tahan lama saat beroperasi.

"Daripada armada bus tersebut beroperasi, terus mogok dan buat warga DKI marah, lebih baik enggak usah ada bus baru aja sekalian," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper