Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR LEBARAN 2014: Di Monas, Sekali Parkir Rp25.000

Tarif parkir liar di sekitar Monas, Jakarta Pusat, selama libur Lebaran 2014 mencapai Rp25 ribu untuk mobil dan Rp10 ribu untuk motor sekali parkir.
PKL Monas / Jakarta
PKL Monas / Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA -  Tarif parkir liar di sekitar Monas, Jakarta Pusat, selama libur Lebaran 2014 mencapai Rp25.000  untuk mobil dan Rp10.000  untuk motor sekali parkir.

Surya, seorang warga yang berdomisili di Jakarta Pusat dan sering membawa mobil ketika berkunjung ke Monas, mengatakan saat hari libur Lebaran harga parkir mobil bisa mencapai Rp25.000  sekali parkir, padahal harga parkir resmi hanya Rp5.000  sekali parkir dan Rp2.000  untuk motor.

"Memang mahal harga parkir di sini, apalagi orang yang tidak tahu harga 'biasa' bisa ditagih lebih ketika tanya harga parkir," kata Surya yang ditemui di kawasan Monas, Sabtu.

Selain mahalnya harga parkir, tidak jarang terjadi kasus kriminal di area parkir liar sekitar taman.

"Kemarin malam baru saja ada satu motor hilang di sini, pengelola parkirnya malah langsung pada kabur, seperti itu sudah biasa," kata salah satu penjual minuman yang berjualan di dekat pintu masuk Monas, dekat Jalan Merdeka Selatan.

Menurut dia, pengelola parkir liar di sana adalah para preman yang biasa beroperasi di pasar-pasar Jakarta dan daerah sekeliling Monas.

Mereka biasanya sudah mempunyai "wilayah" masing-masing untuk dijadikan lahan parkir motor ataupun mobil.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Yadi, ketika dikonfirmasi, mengatakan maraknya parkir liar tersebut terjadi akibat sempitnya lahan parkir resmi yang tersedia di Monas.

"Pengunjung semakin banyak, tetapi lahan parkir resmi yang disediakan oleh IRTI ( Indonesian Recreational and Tourism Institutional) tidak memadai lagi," katanya.

Ia menambahkan masyarakat juga lebih memilih parkir yang mudah (parkir liar) daripada harus antre lama di tempat parkir yang sudah disediakan.

Kurangnya kesepahaman antara aparat dan masyarakat itulah yang menurut dia membuat parkir liar semakin menjamur.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper