Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Buku di Pasar Senen, Ini 4 Tips Bedakan yang Asli dan Palsu

Pasar Senen, Jakarta memang terkenal sebagai salah satu sentra pedagang buku, baik bekas maupun baru . Ribuan buku tersedia di sini, dan terkadang akan sangat sulit membedakan mana buku asli atau yang bajakan.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar Senen, Jakarta memang terkenal sebagai salah satu sentra pedagang buku, baik bekas maupun baru . Ribuan buku tersedia di sini, dan terkadang akan sangat sulit membedakan mana buku asli atau yang bajakan.

Bagi sebagian orang, mereka mungkin tak terlalu peduli dengan versi asli atau versi bajakan sebuah buku, terutama buku bekas. Namun, bagi kelompok tertentu, mereka menganggap bahwa buku asli tak bisa disetarakan dengan buku bajakan begitu saja.

“Selain lebih awet, tentu buku tersebut memiliki nilai historis yang lebih dibanding dengan yang bajakan,” kata Tomi Wibisono, pemilik perpustakaan independen Rumah Kata Yogyakarta ketika diwawancara Bisnis, Jumat (12/12/2014).

Untuk itu, Tomi yang mengaku rutin berbelanja buku di Pasar Senen memberikan beberapa tips kepada pembaca Bisnis.com untuk membedakan buku versi asli dan versi palsu. Berikut ulasannya:

Buku bajakan, warna covernya lebih pudar

Buku bajakan biasanya menggunakan tinta cetak cover yang berkualitas rendah, sehingga memiliki ketajaman warna yang rendah dan akan nampak lebih pudar.

Buku bajakan, tak punya cetak timbul di covernya

Untuk beberapa buku yang dicetak dengan hard-cover, biasanya akan memberikan efek timbul pada covernya. Pada buku bajakan, hampir mustahil untuk ikut membuat efek timbul pada covernya. Penting untuk megetahui karaktersitik buku versi asli lebih dahulu.

Buku bajakan, jauh lebih tipis

Kertas yang dipilih untuk buku bajakan biasanya memiliki kualitas yang rendah sekaligus tipis. Hal ini dilakukan untuk memperkecil biaya produksi, sehingga secara otomatis ketebalan buku secara total juga akan berkurang jauh.

Buku bajakan, cetakannya tidak rapi

Karena biaya produksi yang minim, maka tak heran bila dalam pengerjaannya buku bajakan mengabaikan beberapa hal. Seperti jilidannya yang tidak rapi, beberapa lembar halaman hilang, hingga ikut terpotongnya beberapa bagian buku.

Dengan memperhatikan keempat kriteria di atas, setidaknya bisa membantu Anda terhindar dari para pembeli tertipu buku bajakan. Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu memeriksa secara detail terhadap kondisi buku yang akan dibeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yustinus Andri
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler