ADIPURA 2015: Nilai Kota Bekasi Jeblok

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengupayakan penambahan 60 unit truk sampah baru guna memaksimalkan pengangkutan sampah pada 2015.
Newswire | 02 Maret 2015 12:49 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi - Antara

Bisnis.com, BEKASI— Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengupayakan penambahan 60 unit truk sampah baru guna memaksimalkan pengangkutan sampah pada 2015.

"Saya sudah bikin surat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar truk sampahnya segera ditambah, sehingga kapasitas angkutnya bisa bertambah," katanya di Bekasi, Minggu (1/3/2015).

Menurut dia, kebutuhan truk sampah itu mendesak mengingat Kota Bekasi saat ini telah memasuki tahapan penilaian Adipura.

"Penilaian tahap pertama (P1) kita jeblok, karena turun hampir tujuh poin," katanya.

Penurunan nilai itu akibat salah satunya dipicu proses distribusi sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu yang masih bermasalah.

"Saat ini baru 30 hingga 40 persen yang bisa terangkut dalam satu ritase, dari kapasitas sampah 1.700 ton per hari," katanya.

Truk sampah yang beroperasi di Kota Bekasi saat ini berjumlah 164 unit untuk melayani distribusi sampah di 12 kecamatan.

"Jumlah itu belum ideal. Kalau jumlahnya bisa di atas 200 unit, saya berani bilang Adipurabukan hal yang sulit untuk kita raih," katanya.

Menurut dia, bantuan hibah truk sampah bekas dari DKI Jakarta yang sampai ke Kota Bekasi saat ini baru empat unit dari kebutuhan yang dinjanjikan mencapai 200 unit.

"Kita minta 10 unit lagi sudah bisa kita ambil dalam waktu dekat," kata Rahmat.

Sumber : Antara

Tag : adipura
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top