Di Jakarta, UN CBT Dibayangi Gangguan Listrik

Sebanyak 26 sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di DKI Jakarta akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) Computer Based Testing (CBT) pada April mendatang. Namun, pelaksanaan UN CBT yang berbasis online ini dibayangi gangguan listrik.
Dewi Andriani | 17 Maret 2015 21:50 WIB
Ilustrasi Ujian Nasional berbasis online - Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 26 sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di DKI Jakarta akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) Computer Based Testing (CBT) pada April mendatang. Namun, pelaksanaan UN CBT yang berbasis online ini dibayangi gangguan listrik.

Pasalnya, jika listrik mati ketika ujian, maka kegiatan UN bakal terganggu sehingga siswa yang telat menyimpan data harus mengerjakan soal UN dari awal.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dari 26 SMKN yang akan melaksanakan uji coba UN CBT, hanya lima sekolah yang telah memiliki UPS (Uninterruptible Power Supply). Alhasil, sekolah yang belum memiliki UPS memiliki kekhawatiran jika mengalami gangguan listrik.

Praktisi Teknologi Informasi Komputer (TIK) Michael Sunggiardi menjelaskan UPS-Komputer dan pasokan listrik yang stabil memiliki keterkaitan yang kuat. Data-data penting seperti halnya UN CBT bila belum terekam dengan baik dan pasokan listrik mati, maka data-data tersebut bisa hilang.

"Server dan peralatan komputer membutuhkan pasokan listrik yang kontinyu agar dapat bekerja dengan optimal, karena komponen komputer terdiri dari komponen aktif yang bekerja berdasarkan listrik statis, dimana akan hilang memorinya kalau listrik mati mendadak karena belum sempat direkam ke harddisk," jelasnya dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (17/3/2014).

Demikian juga harddisk, datanya akan rusak kalau di tengah proses penulisan data, pasokan listriknya mati.

Lebih lanjut Michael mengatakan ketika komputer berhubungan dengan internet, harus melalui satu alat yang disebut modem atau router, dimana keduanya bekerja dengan pasokan listrik. Dengan demikian, pada saat listrik mati, modem dan router tidak akan bisa bekerja dan dapat memutus jaringan internet ke komputer.

UN CBT akan berlangsung pada 13 April hingga 16 April 2015 dan terbagi atas tiga gelombang setiap hari. Gelombang pertama mulai pukul 07.30 WIB sampai 09.30 WIB, gelombang kedua pukul 10.30 sampai 12.30 WIB, dan gelombang ketiga pukul 14.00 sampai 16.00 WIB.[]

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ujian nasional

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top