Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puspiptek Kembangkan Zona Bisnis Teknologi. Apakah Itu?

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendorong proses hilirisasi dan komersialisasi teknologi.
Ilustrasi Gedung Puspiptek.
Ilustrasi Gedung Puspiptek.

Bisnis.com, TANGSEL - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendorong proses hilirisasi dan komersialisasi teknologi.

Salah satunya dengan mengoptimalkan kembali atau merevitalisasi Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek). Hal tersebut diwujudkan dengan pembukaan Zona Bisnis Teknologi di Kawasan Puspiptek, Tangsel.

“Area ini diharapkan menjadi sentra kolaborasi para peneliti, perekayasa pelaku usaha hingga para mahasiswa dalam menciptakan dan mengembangkan produk inovasi, yang selanjutnya dapat di produksi massal dan di pasarkan secara luas hingga keluar negeri,” kata Menristekdikti M. Nasir di Tangsel, mengutip keterangan resminya, Senin (7/3/2016).

Pada tahap awal, kolaborasi yang sedang ditumbuhkan di zona ini adalah inovasi produk-produk life sciences yang dilakukan oleh konsorsium riset vaksin nasional di fasilitas Indonesian Life Sciences Center (ILSC) yang juga berada pada Zona Bisnis Teknologi.

Ke depan, industri-industri besar dapat menempatkan R&D center-nya di Zona Bisnis Teknologi Puspiptek. Dengan demikian, Puspiptek dapat menjadi model Science and Technology Park (STP) nasional yang ideal.

“Saya berharap dengan keberadaan area ini akan lahir banyak Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang lahir dan berkembang melalui proses inkubasi bisnis yang dilakukan di Technolody Business Incubation Center (TBIC),” ujar Kepala Puspiptek Sri Setiawati.

Menurutnya, zona tersebut adalah labolatorium bersama yang dapat dimanfaatkan oleh para Industri Kecil Menengah (IKM) dengan teknologi yang unggul untuk mengembangkan bisnisnya di kawasan ini.

“Ada 20 dari 48 teknologi potensial yang lolos ke dalam tahap seleksi. Ke-20 teknologi yang ada di sini dipilih berdasarkan hasil penelitian,” imbuhnya.

Disamping itu, produk-produk inovasi yang strategis dan unggul, juga diharapkan akan muncul di kawasan Zona Bisnis Teknologi Puspiptek, melalui kolaborasi lembaga litbang dengan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper