Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHOK: Pencuri Kabel Rusak Saluran Air

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan kelompok pencuri kabel di sepanjang saluran air di kawasan Medan Merdeka Selatan telah merusak saluran air tersebut.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyapa anak-anak /Antara
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyapa anak-anak /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan kelompok pencuri kabel di sepanjang saluran air di kawasan Medan Merdeka Selatan telah merusak saluran air tersebut.

"Saluran air dirusak, sehingga terowongannya juga ikut rusak. Makanya, di kawasan tersebut tanahnya jadi lebih mudah amblas. Karena terowongannya itu dibobol," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2016).

Menurut dia, kabel yang dicuri merupakan kabel bekas. Para pencuri hanya mengambil tembaga yang berada di dalam kabel. Sedangkan kulit atau pembungkusnya dinilai kurang berharga, sehingga ditinggalkan di dalam saluran air.

"Yang dicuri itu merupakan kabel bekas. Para pencuri itu hanya mengambil bagian tembaga sama timahnya saja. Kalau bagian pembungkusnya murah, jadi ditinggalkan begitu saja," ujar Basuki.

Oleh karena itu, dia pun mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengusut pencurian kabel tersebut. Selain itu, pihaknya secara bersama-sama juga akan melakukan pengecekan di saluran air lainnya di wilayah ibukota.

"Kami menduga pencurian kabel utilitas itu juga terdapat di saluran air lainnya. Makanya, kami bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk melakukan pengecekan di saluran-saluran air yang ada di wilayah DKI Jakarta," ungkap Basuki.

Seperti diketahui, penemuan kulit pembungkus kabel pertama kali terjadi pada Kamis (25/2) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Tiga hari kemudian, pada Minggu (28/2), kulit pembungkus kabel kembali ditemukan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan MH Thamrin.

Tidak berhenti sampai disitu, penemuan kulit pembungkus kabel terjadi lagi pada Minggu (29/2) di kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka Selatan. Proses pembersihan kulit-kulit kabel itu terus dilakukan oleh PPSU, sedangkan kepolisian masih mengusut pelakunya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper