Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RS Mintoharjo Terbakar: Ketum PGRI Pertama Kali Terapi Hiperbarik

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo, ternyata baru pertama kali menjalani terapi hiperbarik di RS TNI AL Mintohardjo, Jakarta Pusat.
Ketua Umum PGRI, Sulistyo/Antara
Ketua Umum PGRI, Sulistyo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo, ternyata baru pertama kali menjalani terapi hiperbarik di RS TNI AL Mintohardjo, Jakarta Pusat.

Dia meninggal dunia dalam kecelakaan maut di unit terapi hiperbarik itu bersama tiga korban tewas lain, Senin. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan TNI AL, Kolonel Kesehatan Lukman, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (14/3/2016).

"Pak Sulis baru pertama kali menjalani terapi oksigen murni ini," ujar Lukman.

Sulistyo yang juga anggota DPD itu direkomendasikan oleh dokter pribadinya untuk menjalani terapi itu. Namun naas, dia tewas dalam peristiwa ledakan yang diakibatkan percikan api tersebut.

Kebakaran terjadi di Ruang Tabung Pulau Miangas, Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi lama RS TNI AL Mintohardjo, diduga karena hubungan pendek listrik, sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yg ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan.

Tabung besar itu merupakan ruangan untuk terapi hiperbarik. Penyelam TNI AL biasanya melakukan terapi itu setelah menyelam akibat dekompresi, sehingga molekul-molekul udara terjebak dalam saluran darah penderita.

Salah satu penyebabnya karena penyelam itu naik terlalu cepat ke permukaan.  Dalam salah satu tahapan terapi hiperbarik, oksigen murni kemudian dimasukkan ke ruangan yang bisa dimuati beberapa pasien itu.  

Fasilitas terapi hiperbarik itu sudah ada di RS TNI AL Mintohardjo sejak 2013. Selain Sulistyo, terdapat tiga korban lain, yakni mantan Kepala Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi (Purnawirawan) Abu Bakar, Edi Suwandi, dan Dimas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper