Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Protes “Green Campus”, Warga Blokir Jalan ke Kampus IPB

Puluhan warga dari tiga desa lingkar kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memblokir jalan menuju kampus sebagai bentuk protes atas kebijakan Green Campus yang memportal sejumlah jalan, Selasa (15/3/2016).
Kampus IPB/Istimewa
Kampus IPB/Istimewa

Bisnis.com, BOGOR - Puluhan warga dari tiga desa lingkar kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memblokir jalan menuju kampus sebagai bentuk protes atas kebijakan "Green Campus" yang memportal sejumlah jalan, Selasa (15/3/2016).

Warga memblokir jalan di dua titik di Jalan Kebon Genap, Desa Cikarawang yang merupakan jalan alternatif menuju kampus IPB dari arah belakang Cifor. Pemblokiran dilakukan di pertigaan Desa Cikarawang, dan titik kedua sebelum gerbang masuk pintu belakang.

Menurut warga, pemortalan jalan oleh IPB dalam rangka penerapan program green campus telah merugikan masyarakat sekitar, karena tidak bisa lagi melintasi kampus sebagai jalur alternatif menuju Desa Cibanteng.

"Warga mau kerja tidak boleh melintas, bawa kendaraan, biasanya jarak tempuh lima menit, sekarang bisa tiga kali lipat jauhnya," kata warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut warga, aksi yang mereka lakukan sebagai tindak lanjut dari aksi protes 150 pengendara ojek Senin (14/3/2016), tetapi tidak membuahkan hasil.

Sadar

Warga berharap dengan pemblokiran tersebut, pihak IPB menyadari bahwa jalur yang dilintasi oleh IPB adalah milik warga.

"IPB boleh memortal jalan di kampus, kami juga ingin IPB merasakan jika jalan ini kami portal, gimana rasanya. Itu juga yang dirasakan warga," kata warga lainnya.

Warga sepakat satu suara, mereka menamakan dirinya warga tiga desa yakni Cikarang, Cibanteng dan Babakan. Ada tiga tuntutan yang disampaikan warga yakni meminta IPB tetap memperbolehkan ojek beruperasi di lingkungan kampus sesuai dengan kesepakatan.

Tuntutan berikutnya, meminta kepada pihak IPB agar jalur kendaraan bermotor dikembalikan seperti semula, dan meminta portal-portal yang ada di lingkar kampus dibuka.

Warga memblokir jalan menuju kampus IPB dengan menggunakan kayu dan ranting pohon. Warga juga membakar ban dan memasang spanduk berisi penolakan pemortalan di kampus IPB.

Menurut warga alasan pemberlakukan green campus untuk keamanan, kenyamanan dan berwawasan lingkungan tidak relevan. Karena selama ini pengendara ojek dan warga terlibat langsung dalam pengamanan wilayah.

"Berapa kali ojek menangkap pelaku pencurian, kami amankan kami serahkan ke petugas keamanan. Lima bulan lalu, balai milik Korea dicuri. Bahkan sapi penelitian juga hampir saja dicuri lima ekor, warga juga yang mengamankan, malingnya kita serahkan ke petugas keamanan," kata Ojong, koordinator aksi.

Pencurian

Menurutnya, pencurian yang terjadi di IPB berasal dari luas desa lingkar kampus, seperti Lampung, Makassar, bahkan yang menembak satpam IPB beberapa tahun lalu berasal dari Sukabumi.

"Belum pernah ada kejadian pencurian dilakukan oleh warga desa di lingkar kampus IPB, justru itu diluar desa ini. Harusnya kalau mau aman, IPB memperkuat sistem keamanannya, toh mereka sudah menggaji petugas keamanan dan polisi Rp17 juta per bulan," katanya.

Sekitar pukul 14.30 WIB, perwakilan warga diterima langsung oleh pihak IPB, namun tidak ada titik temu dari keinginan masing-masing pihak. Warga tetap pada pendirian agar IPB membuka portal dan mempersilakan warga beraktivitas seperti semula.

Aksi pemblokiran tersebut, membuat aktivitas sejumlah pengendara yang ingin ke kampus IPB melewati jalur belakang menjadi terkendala. Beberapa pengendara terpaksa berbelok mencari jalan lain. Warga hanya mempersilakan pengendara yang merupakan warga sekitar untuk tetap lewat, dan juga awak media, dengan memperlihatkan kartu identitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper