PILKADA DKI 2017: Risma Rival Terberat Ahok

Berdasarkan survei LPP UI, dalam pilkada DKI tahun depan, Risma menjadi Rival Terberat Ahok
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 02 Agustus 2016  |  06:27 WIB
PILKADA DKI 2017: Risma Rival Terberat Ahok
Wali Kota Surabaya Tri Rismamaharini. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--PDI Perjuangan memang belum menetapkan nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung untuk menantang Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI 2017.

Namun, nama Wali Kota Surabaya Tri Rismarini atau Risma mulai santer digadang-gadang menjadi penantang kuat ahok.

Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI), sosok orang nomer satu di Kota Pahlawan tersebut masuk dalam tiga besar kandidat cagub terkuat untuk bertarung dalam perhelatan pesta politik terbesar di Jakarta.

Pengamat politik Burhanudin Muhtadi mengatakan potensi Risma menjadi rival yang kompetitif untuk mengganjal jalan Ahok mempertahankan posisi DKI 1 cukup besar.

"Sosok Risma menjadi rival terberat untuk Ahok," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (1/8/2016).

Dia menuturkan ada tiga kategori survei yang memengaruhi skor kandidat cagub DKI, yaitu kapabilitas, intelektualitas, governability, kemampuan politik, kemampuan komunikasi politik, dan leadership.

Mengacu pada hasil survei, skor risma mengungguli Ahok pada kategori governability dan leadership. Sementara itu, Ahok terdepan untuk kategori visioner, intelektualitas, dan kemampuan politik.

"Jika dilihat dari skor keseluruhan, Ahok masih unggul dengan rata-rata 7,87 poin. Adapun, Risma menempati posisi 2 dengan 7,77 poin dan Ridwan Kamil dengan 7,74 poin," ujarnya.

Meski memiliki skor tinggi, dia menuturkan hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran PDI P belum mengambil sikap untuk memboyong Risma dari Surabaya ke Jakarta. Menurutnya, ada beberapa faktor yang mendorong kepastian PDI P untuk mencalonkan kader internal menjadi cagub DKI 2017.

"Ini soal momentum saja. PDI P itu kan terkenal last minute. Selain itu, harus dipastikan juga apakah Risma benar-benar mau "diangkut" ke Jakarta?" imbuhnya.

Sebelumnya, sekitar seratus warga Jakarta menggelar aksi di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Minggu (31/7/2016). Para relawan yang menamakan diri Jaklovers 'memanggil' Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ahok, walikota surabaya tri rismaharini, Pilkada DKI 2017

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top