Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Natal & Tahun Baru 2017: Tangsel Antisipasi Kemacetan

Kondisi arus lalu lintas di Jl Raya Rawa Buntu-Jl Tekno Widya-Jl Raya Serpong-Pertigaan Muncul-Jl Raya Puspitek, Serpong Tangerang Selatan diperkirakan akan semakin padat pada menjelang dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.
Kemacetan lalu lintas. Ilustrasi/JIBI
Kemacetan lalu lintas. Ilustrasi/JIBI

Bisnis,com, TANGSEL - Kondisi arus lalu lintas di Jl Raya Rawa Buntu-Jl Tekno Widya-Jl Raya Serpong-Pertigaan Muncul-Jl Raya Puspitek, Serpong Tangerang Selatan diperkirakan akan semakin padat pada menjelang dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Sandy Sudrajat, warga Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Tangsel, mengatakan tingkat kemacetan lalu lintas yang semakin parah terjadi di sepanjang jalan tersebut terlihat hampir setiap hari, terutama pada jam sibuk pagi dan sore hari.

“Saya khawatir kondisi tersebut akan terjadi semakin parah selama liburan Natal dan Tahun Baru 2017, apalagi tidak ada larangan truk besar melintas selama liburan hari besar itu,” katanya. Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, kemacetan arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut dipicu oleh tingginya volume kendaraan yang melintas, termasuk jenis truk bertonase besar yang bebas lalu-lalang, serta banyaknya kendaraan yang keluar masuk jalan kecil di jalur utama BSD-Parung Bogor itu.

Menurut pemantauan Bisnis.com, titik lokasi pemicu terjadinya kemacetan lalu lintas antara lain di pertigaan Jl Rawa Buntu-Jl Ciater Baru Vitor dan Jl Tenko Widya, dan kemudian di bunderan Jl Tekno Widya di Jl Raya Serpong.

Selanjutnya, pertigaan Jl Hutama Karya-Jl Raya Serpong, dan perempatan Muncul yakni pertemuan Jl Raya Serpong-Jl Raya Puspitek- Jl Muncul serta di pertigaan Victor yang mempertemukan Jl Ciater Baru, Jl Raya Puspitek dan Jl Raya Pasar Jengkol ke arah Parung.   

Sementara itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Tangsel, dan sejumlah instansi terkait, termasuk pihak kepolisian telah menggelar rapat koordinasi menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Sukanta, Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, mengatakan fokus rapat membahas rencana operasi Natal dan Tahun Baru 2017, skenario upaya penanganan kemacetan lalu lintas di ruas Jl Raya Rawa Buntu-Victor dan rencana sosialisasi kampanye keselamatan lalu lintas di jalan.

Menurutnya, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas yang cukup parah di ruas Jl Raya Rawa Buntu-Victor adalah volume kendaran yang tinggi dan kegiatan perbaikan badan jalan di area Pasar Serpong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper