Natal & Tahun Baru 2017: Tangsel Antisipasi Kemacetan

Kondisi arus lalu lintas di Jl Raya Rawa Buntu-Jl Tekno Widya-Jl Raya Serpong-Pertigaan Muncul-Jl Raya Puspitek, Serpong Tangerang Selatan diperkirakan akan semakin padat pada menjelang dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.
Nurudin Abdullah | 20 Desember 2016 16:00 WIB
Kemacetan lalu lintas. Ilustrasi - JIBI

Bisnis,com, TANGSEL - Kondisi arus lalu lintas di Jl Raya Rawa Buntu-Jl Tekno Widya-Jl Raya Serpong-Pertigaan Muncul-Jl Raya Puspitek, Serpong Tangerang Selatan diperkirakan akan semakin padat pada menjelang dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Sandy Sudrajat, warga Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Tangsel, mengatakan tingkat kemacetan lalu lintas yang semakin parah terjadi di sepanjang jalan tersebut terlihat hampir setiap hari, terutama pada jam sibuk pagi dan sore hari.

“Saya khawatir kondisi tersebut akan terjadi semakin parah selama liburan Natal dan Tahun Baru 2017, apalagi tidak ada larangan truk besar melintas selama liburan hari besar itu,” katanya. Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, kemacetan arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut dipicu oleh tingginya volume kendaraan yang melintas, termasuk jenis truk bertonase besar yang bebas lalu-lalang, serta banyaknya kendaraan yang keluar masuk jalan kecil di jalur utama BSD-Parung Bogor itu.

Menurut pemantauan Bisnis.com, titik lokasi pemicu terjadinya kemacetan lalu lintas antara lain di pertigaan Jl Rawa Buntu-Jl Ciater Baru Vitor dan Jl Tenko Widya, dan kemudian di bunderan Jl Tekno Widya di Jl Raya Serpong.

Selanjutnya, pertigaan Jl Hutama Karya-Jl Raya Serpong, dan perempatan Muncul yakni pertemuan Jl Raya Serpong-Jl Raya Puspitek- Jl Muncul serta di pertigaan Victor yang mempertemukan Jl Ciater Baru, Jl Raya Puspitek dan Jl Raya Pasar Jengkol ke arah Parung.   

Sementara itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Tangsel, dan sejumlah instansi terkait, termasuk pihak kepolisian telah menggelar rapat koordinasi menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Sukanta, Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, mengatakan fokus rapat membahas rencana operasi Natal dan Tahun Baru 2017, skenario upaya penanganan kemacetan lalu lintas di ruas Jl Raya Rawa Buntu-Victor dan rencana sosialisasi kampanye keselamatan lalu lintas di jalan.

Menurutnya, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas yang cukup parah di ruas Jl Raya Rawa Buntu-Victor adalah volume kendaran yang tinggi dan kegiatan perbaikan badan jalan di area Pasar Serpong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tangerang selatan, bumi serpong damai

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top