JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Kebon Melati Jakarta Pusat

Kebon Melati adalah kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Daerah tersebut juga termasuk peninggalan zaman Hindia Belanda yang pernah menguasai kota Batavia.
Nurudin Abdullah | 20 Desember 2016 17:40 WIB
Danau Melati di wilayah Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Kebon Melati adalah kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Daerah tersebut juga termasuk “peninggalan’ zaman Hindia Belanda yang pernah menguasai kota Batavia.

Zaenuddin HM, dalam bukunya “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, diterbitkan Ufuk Press pada 2012, menjelaskan pada masa dahulu kota Batavia memang masih berupa tanah-tanah perkebunan.

Terutama pada abad ke-18 dan ke-19, di kota Batavia banyak jenis tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat, termasuk pohon bungan melati.

Bunga melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak  yang hidup menahun. Dan kawasan dekat Tanah Abang itu juga banyak ditanam pohon melati, sehingga akhirnya menjadi nama resmi kawasan itu, Kebon Melati.

Di Indonesia, salah satu jenis bunga melati dijadikan sebagai puspa bangsa atau simbol nasional yaitu melati putih (jasminum sambac), karena bunga putih kecil yang harum itu melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negeri ini.

Bunga tersebut merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa, Sunda dan Betawi. Demikianlah.

Tag : Jakarta, belanda, tanah abang
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top