Kebersihan di Danau Situ Gintung Ciputat Tak Terawat

Ratusan orang, tua-muda dan anak-anak, memanfaatkan fasilitas jogging track dan selasar di danau Situ Gintung, Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan untuk berolah raga sejak pagi tadi, Minggu (22/1/2017).
Nurudin Abdullah | 22 Januari 2017 09:03 WIB
Warga menikmati suasana asri danau Situ Gintung, Ciputat Timur, Tangerang Selatan untuk berolah raga dan rekreasi. Ilustrasi - JIBI/Nurudin Abdullah

Bisnis.com, TANGSEL-Ratusan orang, tua-muda dan anak-anak, memanfaatkan fasilitas jogging track dan selasar di danau Situ Gintung, Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan untuk berolah raga sejak pagi tadi, Minggu (22/1/2017).

Mereka berolah raga senam, jalan kaki, lari, maupun bersepeda mengeliling danau yang sekarang semakin mendapat perhatian pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan menjaga kebersihan dan keasrian alamnya.

Fakhma, warga Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, mengatakan perhatian pemerintah melalui Kementrian PU dan Perumahan Rakyat serta Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangsel itu belum diimbangi oleh warga yang datang ke danau tersebut.

“Kurangnya kepedulian masyarakat pengunjung danau Situ Gintung itu terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan di bebatuan bendung danau, dekat pintu airnya, maupun sepanjang jogging track keliling danau,” katanya, Minggu (22/1/2017).

Menurutnya, kondisi lingkungan danau Situ Gintung akan semakin asri jika masyarakat pengunjung ikut serta menjaga kebersihan dengan memungut sampah yang berserakan, atau minimal tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu Sumarsono, warga Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, mengharapkan Pemkot Tangsel memprakarsai terbentuknya komunitas peduli lingkungan danau Situ Gintung yang diharapkan dapat turut serta menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban lingkungannya.

Sebab, dirinya dan beberapa teman setiap akhir pekan, pada Sabtu atau Minggu, melakukan kegiatan olah raga seperti jogging, lari atau bersepeda keliling danau Situ Gintung sehingga tahu persis perkembangan keadaannya.

“Kalau ada satu komunitas yang peduli terhadap lingkungan, kebersihan dan keasrian Situ Gintung maka dapat menjadi pendorong dari tingkat bawah, para warga untuk bergerak menjaga aset yang sangat berharga untuk lingkungan itu,” ujarnya.

Dia menyatakan sangat mengapresiasi para siswa dan guru SMP 3 Tangsel yang beberapa waktu lalu menggelar acara penghijaun dengan menanam berbagai jenis pohon dan menebar benih ikan serta membersihkan lingkungan Situ Gintung.

Dalam acara itu, kabarnya dihadiri Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait di lingkungan Pemkot Tangsel, mengikuti acara menanam sekitar 1.000 pohon dan menebar 3.000 benih ikan ke danau.

“Saya tidak menyaksikan acaranya, tetapi sempat melihat sendiri pohon-pohonnya yang sudah ditanam, yang masih kecil-kecil. Tetapi, sepertinya sekarang sudah banyak yang mati, karena tidak ada menyiram air dan merawat,” ujarnya.

Tag : tangerang selatan, danau
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top