BERITA HOAX: Polisi Bantah Jl Jend. Gatot Subroto Ditutup Mulai Sabtu, 15 April 2017

Polda Metro Jaya menegaskan bahwa kabar penutupan Jl Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, terkait pekerjaan proyek pembangunan flyover Pancoran, mulai Sabtu, 15 April 2017, tidak benar.
Nurudin Abdullah | 12 April 2017 16:28 WIB
Ilustrasi: Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di samping proyek jembatan layang (fly over) Pancoran di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (7/4). - Antara/Angga Budhiyanto

Bisnis.com, JAKARTA -Berita hoax atau berita bohong bisa terjadi dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan membuat rekaan berita dari berita yang sebelumnya pernah ada.

Salah satu bentuk berita palsu berasal dari rekaan berita yang sebelumnya ada yaitu tentang proyek pembangunan flyover Pancoran, Jakarta Selatan.

Terkait itu, Polda Metro Jaya menegaskan bahwa kabar mengenai penutupan Jl Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, terkait pekerjaan proyek pembangunan flyover Pancoran, mulai Sabtu, 15 April 2017, tidak benar.

(Informasi palsu tentang penutupan Jalan Gatot Subroto/tmcpoldametro)

Melalui akun twitter resminya TMCPoldaMetro pada hari ini, Rabu (12/4/2017), pukul 13.15 WIB dijelaskan: “ Klarifikasi tentang Informasi penutupan sementara lalin di TL Pancoran Jl Jend Gatot Soebroto hari Sabtu, 15 April 2017 adalah Hoax.”

Bantahan serupa disampaikan juga pada akun twitter TMCPoldaMetro yang mengaitkannya dengan akun facebook,. “Klarifikasi tentang Informasi penutupan lalin di TL Pancoran http://fb.me/8AdrM4not ” demikian ditulis di lini masa facebook TMCPoldaMetro.

Klarifikasi melalui facebook didasarkan pada penjelasan koordinator liputan Media Center NTMC. Disebutkan bahwa informasi penutupan jalan terkait flyover Pancoran sudah diunggah di website ntmcpolri.info dengan alamat link http://ntmcpolri.info/home/mulai-malam-ini-jalan-jendral-gatot-soebroto-akan-ditutup-sementara/ …

(Kendaraan terjebak kemacetan di ruas jalan Jenderal Gatot Subroto
kawasan Semanggi, Jakarta, Senin (10/4)./Antara-Aprillio Akbar)

Informasi tersebut sudah dipublikasikan sejak 7 April lalu. Namun, belakangan, ada pihak yang mengedit informasi tersebut dan disebar melalui sosial media seperti Whatsapp.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa informasi yang tersebar atas nama NTMC Polri yang menyebutkan penutupan Jalan Gatot Subroto mulai Sabtu, 15 April 2017 adalah tidak benar alias berita bohong atau hoax.

Tag : Jakarta, flyover
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top