Pecinta Lingkungan Siapkan 1.000 Bibit Pohon Untuk Tepi Kali Pesanggrahan

Ratusan pecinta lingkungan anggota komunitas Kretek, Ranita UIN Jakarta, Mahacala dan Komunitas Sangga Buana akan menggelar diskusi budaya dan penanaman 1.000 bibit pohon di sepanjang tepi Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
Nurudin Abdullah | 30 Mei 2017 14:05 WIB
Ilustrasi: Pembangunan tanggul Kali Pesanggrahan, Jakarta Selalatan - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-Ratusan pecinta lingkungan anggota komunitas Kretek, Ranita UIN Jakarta, Mahacala dan Komunitas Sangga Buana akan menggelar diskusi budaya dan penanaman 1.000 bibit pohon di sepanjang tepi Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Azami Mohammad, panitia penyelenggara acara Tribute to Kretek dalam surat undangannya, menjelaskan kegiatan bertema Menanam Adalah Melawan akan berlangsung di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada 30 Mei 2017.

Para peserta berasal dari berbagai latar belakang. Selain penanaman bibit pohon juga melakukan diskusi budaya yang diisi Sandiawan Sumardi dari Komunitas Kali Ciliwung Merdeka, Babeh Idin Tokoh Hutan Kota Sangga Buana, dan sejarawan JJ Rizal, serta dimeriahkan band Marjinal sebagai pengisi hiburan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa acara tersebut merupakan bagian dari program Tribute to Kretek yang setiap tahun rutin diselenggarakan oleh Komunitas Kretek.

Tema Menanam untuk Melawan dipilih untuk perhelatan tahun ini karena Komunitas Kretek menganggap bahwa persoalan perusakan lingkungan telah mencapai tahap yang begitu terstruktur, hingga upaya perlawanan masyarakat terhadap masalah tersebut perlu digelorakan.

Menurutnya, banyak perusakan alam terjadi di Indonesia hingga 2017 yang dilakukan oknum dari pemerintah secara legal dengan dalih mempercepat pembangunan, sehingga muncul gerakan rakyat misalnya di Kendeng dan Kali Ciliwung.

Tag : Jakarta, kali pesanggrahan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top