Pengerjaan LRT Fase I Capai 32,01%

Progres pengerjaan Light Rapid Transit Fase I (Velodrome - Kelapa Gading) dilaporkan telah capai 32,01% dan akan dipercepat untuk mengejar target uji coba pada Mei 2018.
Nirmala Aninda | 28 Agustus 2017 18:47 WIB
Kendaraan melintas di samping proyek kereta ringan (light rail transit/LRT) di Jakarta, Kamis (1/6). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, Jakarta -- Progres pengerjaan Light Rapid Transit Fase I (Velodrome - Kelapa Gading) dilaporkan telah capai 32,01% dan akan dipercepat untuk mengejar target uji coba pada Mei 2018.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi menjabarkan pengerjaan untuk sarana capai 27,42% dari target 27,35% sedangkan untuk prasarana tercapai 31,65% dari target 30,89%.

"Kalau dilihat antar tiang sudah banyak yang tersambung. Dan di deponya juga sudah banyak pengerjaan yang terbaharui," ujarnya di Balai Kota, Senin (28/8/2017).

Selain itu, pihak PT Jakpro menargetkan agar uji coba dapat dilakukan pada Mei 2018 sebagai langkah persiapan jelang perhelatan Asian Games 2018.

Satya mengatakan saat ini pihaknya mulai mengerjakan pemasangan rel pada Januari hingga April 2018, menyusul setelahnya rangkaian kereta akan sampai di Jakarta.

"Jadi Januari - April mestinya rel dan segala macemnya sudah selesai.Nah, kalaupun jadi uji coba itu akan lebih internal," katanya.

Dalam uji coba nanti berbagai aspek yang akan di evaluasi antara lain kekuatan sarana dan prasarana, aliran listrik, dan lain lain.

Satya menambahkan saat ini PT Jakpro sedang mengajukan tambahan dana anggaran sebesar Rp3,5 triliun yang masih dikaji oleh DPRD.

"Kita berharap agar semuanya bisa dikabulkan. Karena sangat urgent agar kami bisa menyelesaikan semuanya sesuai dengan jadwal," ujarnya.

Menurutnya penambahan dana anggaran tersebut akan digunakan dalam pengerjaan proyek LRT Fase I, Equestrian (Pacuan Kuda) di kawasan Pulo Mas dan Velodrome di kawasan Rawamangun.

Infrastruktur jalur LRT Velodrome - Kelapa Gading direncanakan akan dibangun mencapai 115,7 km. Selain berfungsi sebagai transportasi penunjang selama Asian Games 2018 berlangsung, LRT ini ke depannya berfungsi sebagai pengurai kemacetan di kawasan Rawamangun, Pulomas dan Kelapa Gading.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
LRT

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top