Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPBD DKI 2018, Kehutanan Usul Beli 50 Hektare Lahan Senilai Rp2 Triliun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kehutanan bertekad membuat lebih banyak area atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Jakarta.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kehutanan bertekad membuat lebih banyak area atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Jakarta.

"Kami menargetkan tahun depan akan ada lebih banyak lagi RTH di Kota Jakarta. Kami targetkan 50 hektare yang bisa kami beli tahun depan," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Djafar Muchlisin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Menurut Djafar pihaknya telah mengajukan dana untuk pembelian lahan tersebut di dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2018 dengan nilai mencapai Rp2 triliun.

"Untuk anggarannya, sudah kami usulkan melalui RAPBD 2018. Nantinya, 50 hektare lahan tersebut peruntukannya berbeda-beda, yaitu sebagai RTH taman, hutan kota serta area pemakaman," ujar Djafar.

Setiap tahun, pihaknya selalu menargetkan pembelian lahan hingga 50 hektare, tapi pihaknya kerap menemui hambatan, di antaranya ketersediaan lahan serta alokasi anggaran.

"Oleh karena itu, anggaran yang kami ajukan untuk pembebasan lahan tahun depan lebih besar dari pada tahun ini. Alokasi anggaran tahun depan itu kami ajukan dengan asumsi harga lahan Rp5.000.000 per meter persegi," tutur Djafar.

Dia optimistis target pembelian lahan hingga 50 hektar pada 2018 mendatang dapat dipenuhi. Dengan begitu, area atau RTH di Jakarta juga akan semakin luas.

"Sejak lima tahun terakhir, target pembelian lahan dapat tercapai 100 persen. Maka dari itu, kami yakin pembelian lahan juga bisa memenuhi target pada tahun depan," ungkap Djafar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper