Pembangunan Stadion Taman BMW Segera Dimulai

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan Pemprov DKI akan memulai pembangunan stadion Taman Bersih Manusiawi Wibawa atau Stadion BMW.
Feni Freycinetia Fitriani | 28 November 2017 13:29 WIB
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno saat menghadiri acara 'coffee morning' di Rumah Dinas Ketua DPRD DKI Jakarta, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (6/11). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan Pemprov DKI akan memulai pembangunan stadion Taman Bersih Manusiawi Wibawa atau Stadion BMW.

"Insya Allah, pembangunan (Stadion BMW) bisa dimulai akhir 2018," ujarnya di Balai Kota DKI, Selasa (28/11/2017).

Dia menuturkan pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional itu tidak akan membebankan anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) DKI Jakarta.

Justru, dia berencana menggandeng pihak swasta untuk menyuntikkan dana pembangunan fisik stadion yang digadang-gadang akan dibuat sekelas Old Trafford itu.

"Saya akan pakai skema kerja sama pemerintah dan badan usaha. Badan usaha bisa BUMN, BUMD, atau perusahaan swasta. Konsep ini tidak akan membebankan APBD," lanjutnya.

Dinas Pemuda dan Olah Raga sudah memasukkan program pembangunan Stadion BMW di RAPBD DKI 2018, tetapi  dengan anggaran Rp0.

Meski demikian, Pemprov DKI tetap mengajukan dana untuk melakukan kajian pembangunan Stadion BMW.

Dilansir dari situs apbd.jakarta.go.id, ada nomenklatur berkode 1.19.02.102 untuk Penyusunan Pra Studi Kelayakan Pembangunan Stadion Olahraga Bertaraf Internasional dengan pagu Rp2,9 miliar.

Selain itu, ada pula mata anggaran berkode 1.19.02.103 untuk Penyusunan Final Bussines Case Pembangunan Stadion Bertaraf Internasional dengan pagu Rp15,9 miliar. Meski tak tertulis secara detail, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Ratiyono mengamini anggaran itu untuk pra-kajian pembangunan Stadion BMW. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov dki

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top