Program OK-OTRIP Resmi Diluncurkan

Program integrasi transportasi umum canangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi, yang dinamakan One Karcis-One Trip (OK-OTRIP), resmi diluncurkan melalui soft opening yang dilaksanakan hari ini, Kamis (14/12/2017) di Balaikota.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Desember 2017  |  12:10 WIB
Program OK-OTRIP Resmi Diluncurkan
Ilustrasi: Penumpang berada di dalam Bus Transjakarta Maxi di Jakarta, Minggu (9/4). - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA -- Program integrasi transportasi umum canangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi, yang dinamakan One Karcis-One Trip (OK-OTRIP), resmi diluncurkan melalui soft opening yang dilaksanakan hari ini, Kamis (14/12/2017) di Balaikota.

OK-OTRIP nantinya akan menerapkan sistem angkutan jalan yang terintegrasi mulai dari integrasi rute, layanan dan manajemen, hingga sistem pembayaran.

Dalam OK-OTRIP pelanggan cukup membayar maksimal Rp5.000 untuk satu tujuan perjalanan, sekalipun pelanggan harus berganti moda dari angkutan kota, bus sedang, dan Transjakarta.

Sistem pembayarannya menerapkan sistem non-tunai, dengan catatan tarif tersebut hanya berlaku dalam waktu tiga jam sejak pelanggan pertama kali tapping.

Nantinya, manajemen transportasi angkutan jalan di Jakarta akan menjadi satu kesatuan dalam PT Transportasi Jakarta, mulai dari angkutan umum (angkot), angkutan bus sedang, dan Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program ini dianggap penting karena dapat mengurangi beban transportasi warga Jakarta.

"Ada dua tujuan. Pertama kami ingin melayani warga dengan lebih murah dan mudah. Kedua memastikan penyedia angkutan jalan tetap sejahtera dan justru meningkat kesejahteraanya sehingga bukan hanya dirasakan warga melainkan juga para pelaku angkutan umum juga merasakannya,” ujar Anies di Balaikota, Kamis.

Anies juga mengharapkan seluruh angkutan umum di Jakarta dapat terintegrasi pada 2020.

“OK-OTRIP akan membuat warga Jakarta bisa naik kendaraan umum di mana saja untuk ke mana saja karena angkutan umumnya tersambungkan,” kata Anies.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies-sandi

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top