Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanah Abang Dibenahi, Begini Rekayasa Arus Lalu Lintas

Tahap pertama penataan Tanah Abang atau jangka pendek akan diberlakukan penutupan sisi Jalan Jatibaru Raya (depan pintu lama Stasiun Tanah Abang) yang kemudian akan digunakan sebagai lokasi berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL) pada pukul 08:00 - 18:00.
Rekayasa arus lalu lintas di Tanah Abang Jakarta Pusat./Bisnis.com-Nirmala Aninda
Rekayasa arus lalu lintas di Tanah Abang Jakarta Pusat./Bisnis.com-Nirmala Aninda

Bisnis.com, JAKARTA - Tahap pertama penataan Tanah Abang atau jangka pendek akan diberlakukan penutupan sisi Jalan Jatibaru Raya (depan pintu lama Stasiun Tanah Abang) yang kemudian akan digunakan sebagai lokasi berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL) pada pukul 08:00 - 18:00.

Kendaraan Pribadi dari arah Jalan Fachrudin menuju Fly Over Jatibaru akan dialihkan naik fly over karena jalur bawah akan dikhususkan bagi shuttle Transjakarta.

Selama penutupan jalan diberlakukan, sisi Jalan Jatibaru lainnya akan digunakan sebagai jalur shuttle bus yang disediakan oleh PT Transjakarta sebanyak 10 low entry unit bus.

Bus tersebut nantinya akan mengelilingi kawasan Tanah Abang dengan enam titik pemberhentian yakni Halte Stasiun Tanah Abang, Halte Blok G, Halte Blok C, Halte Auri Tanah Abang, Halte Blok E, dan Halte Fly Over.

Shuttle bus juga akan memudahkan akses masyarakat maupun penumpang kereta di Stasiun Tanah Abang untuk menggunakan transportasi lainnya seperti bus kecil (angkot/mikrolet), bajai, hingga ojek online.

Tanah Abang Dibenahi, Begini Rekayasa Arus Lalu Lintas

Dinas Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia juga sudah menyiapkan lokasi khusus pengendapan ojek online, ojek pangkalan, dan bajai di dekat pintu keluar Stasiun Tanah Abang yang baru.

Rincian rekayasa lalu lintas penataan kawasan Tanaha Abang dijelaskan sebagai berikut:

a) Lalu lintas kendaraan dari Timur (Jl. Fachrudin) dan Utara (Jl. Cideng Timur) menuju Jl. Kb. Jati dialihkan menuju Jalan KS. Tubun Raya (Flyover) - Jl. KS. Tubun 1 (PLN) – Jl. KS. Tubun Raya – Jl. Kb. Jati.

b) Lalu lintas kendaraan dari arah Selatan (Jl. KS. Tubun Raya) yang akan menuju Jl. Jatibaru Raya dialihkan menuju Jl. Kb. Jati – Jl. K.H. Mas Mansyur dan seterusnya.

c) Rute angkutan umum bus besar dari arah Timur (Jl. Fachrudin) – Jl. KS. Tubun Raya (Flyover) – Jl. Brigjend Katamso - berputar di depan Hotel Menara Peninsula – Jl. Brigjend Katamso – Jl. KS. Tubun Raya – Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

d) Rute angkutan umum bus sedang melalui ruas Jalan K.H. Mas Mansyur – Jalan Kb. Jati – Jalan Jembatan Tinggi – Jalan KS. Tubun Raya – Jalan Kb. Jati – Jalan K.H. Mas Mansyur.

e) Rute angkutan umum bus kecil / mikrolet (M.08, M.10) berputar di bawah flyover Jatibaru (Jl. Jatibaru Raya).

f) Rute angkutan umum bus kecil / mikrolet (M. 09, M 09A, M. 11) melalui ruas Jalan KS. Tubun Raya – Jalan Kb. Jati - Jalan Jembatan Tinggi – Jalan KS. Tubun Raya.

g) Ruas Jl. KS Tubun 1 (b P LN) yang semula dua arah menjadi satu arah dari Utara ke Selatan (Jl. KS Tubun 1 – Jl. KS. Tubun Raya) dari pukul 08.00 – 18.00 WIB;

h) Larangan belok kiri untuk arus lalu lintas dari Timur ruas Jl. KS. Tubun Raya yang akan menuju ruas Jl. KS. Tubun 1 dari pukul 08.00 – 18.00 WIB (kecuali penghuni);

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper